•   Sabtu, 4 April 2020
Surabaya

Jalan Ambles, DPRD Surabaya: Ada Permainan Izin Proyek

( words)
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya, Armuji.


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya, Armuji, menduga adanya permainan izin yang diberikan untuk proyek basement Rumah Sakit (RS) Siloam yang mengakibatkan Jalan Gubeng ambles pada Selasa (18/12).

Saat mengecek lokasi kejadian, Armuji meminta polisi mengusut tuntas kasus jalan ambles tersebut, termasuk jika terbukti ada permainan izin. "Harus diusut tuntas. Tak boleh ada yang disembunyikan. Kepolisian harus sikat kalau memang benar ada yang bermain, termasuk jika anak pejabat sekali pun. Berbahaya ini," katanya.

Politisi Parta Demokrasi Indonesia Perjuangan itu memastikan akan memanggil pihak manajemen RS Siloam dan penanggung jawab proyek untuk meminta keterangan. "Besok akan saya panggil langsung," ujar Armuji.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya, Eko Agus Supiyadi, menepis dugaan tersebut. Eko memastikan secara administratif maupun izin Analisis Menganai Dampak Lingkungan (Amdal) sudah dipenuhi semua.

"Secara administrasi sudah semua. Persyaratan pembangunan sudah terpenuhi," ujar Eko saat ditemui di lokasi ambruknya Jalan Raya Gubeng, Rabu (18/12).

Eko menjelaskan pembangunan basement RS Siloam itu sudah memenuhi beberapa syarat, salah satunya adanya dinding penyangga dan tanggul untuk mengantisipasi longsor. Dia menyebut tanah di sekitar proyek itu memang memiliki karakteristik mudah longsor.

"Dalam kelengkapan dokumen sudah dilengkapi, syarat penyangga dinding dan tanggul juga tertuang. Sudah oke, semua sudah diantisipasi termasuk kemungkinan longsor," ujar Eko. Kp

Berita Populer