Jadi Sorotan Di Negara Tetangga, Rider Indonesia Lakukan Tour Ke Mekkah

SURABAYAPAGI.COM,-Seorang rider tangguh asal Jambi yang bernama Lilik Gunawan baru saja menuntaskan touring panjang Indonesia - Mekkah selama 8 bulan. Perjalanan bertema Ride For Moms ( RFM) ini ia lakukan bersama sang anak, Achmadi Balda, dengan mengendarai Yamaha Nmax.

Dalam melakukan perjalanannya melintasi negara menggunakan motor berpelat Indonesia tentu perlu mempersiapkan segalanya. Termasuk dokumen perjalanan, seperti yang dilakukan Lilik Gunawan berhasil menginjakkan kakinya di kota Suci, Mekkah.

Lilik berbagi pengalaman ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan selain identitas pribadi, Paspor dan Visa. Pertama, bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri dengan mengendarai kendaraan pribadi, jangan lupa untuk membuat paspor juga bagi kendaraan Anda.

"Carnet untuk dokumen motor yang diterbitkan untuk IMI, kemudian kita juga perlu memiliki SIM Internasional,"ucap Lilik, Selasa (31/12/2019).

Ya, Anda dapat mengurus Carnet De Passages En Douane (CdP) atau paspor untuk kendaraan, di sekretariat Ikatan Motor Indonesia (IMI). Di Indonesia IMI mendapat otorisasi dari Federasi Mobil Internasional dan Federasi Motor Internasional untuk mengeluarkan dokumen tersebut.

Dokumen berwarna kuning tersebut telah diresmikan dengan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 533/KM.4/2015 yang menunjuk IMI sebagai penerbit dan penjamin CPD.

Memang bukan hal mudah berkendara motor dengan menempuh jarak sangat jauh lintas negara dan benua. Terlebih Lilik melakukan itu bersama sang buah hati yang baru berusia 4 tahun.