IWAPI Kembangkan Kewirausahaan Wanita Surabaya

SURABAYAPAGI.com, Surabaya – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia atau IWAPI memiliki peran dalam memberikan edukasi kepada wanita Indonesia dalam bidang kewirausahaan. Organisasi yang didirikan pada tahun 1975 oleh dua bersaudara: Prof. Kemala Motik dan Dr. Dewi Motik PMSI, putri BR. Motik adalah pengusaha terkemuka dari Palembang, Sumatera Selatan ini bisa dibilang cukup berkembang, khususnya di Jawa Timur.
Reni Widya Lestari, selaku Ketua IWAPI Surabaya mengatakan bahwa organisasi yang berdiri 45 tahun yang lalu ini sudah meiliki 250 anggota yang berasal dari kota Surabaya. Dan selalu terbuka dalam penganggotaan.
“Total ada 250 anggota di Surabaya. Untuk pengrekrutan anggota kami tidak membatasi, namun harus sesuai dengan rekomendasi dari anggota IWAPI,” kata reni saat ditemui di acara seminar kewirausahaan Emak-Emak Zaman Now yang diadakan di Food Junction, Minggu (30/9).
Anggota IWAPI dari 22 Provinsi di Indonesia merupakan pengusaha kecil - menengah yang bergerak dalam bidang usaha kreatif. IWAPI mengokohkan basis usaha kecil-menengah dengan fokus kepada kinerja terkait peningkatan SDM, perluasan jaringan pemasaran.
Reni menjelaskan, bahwa hal tersebut untuk keamanan serta jaga-jaga karena IWAPI Surabaya pernah mengalami penipuan dari anggota abal-abal alias anggota yang tidak memiliki usaha yang real.
Soal rutinitas dari IWAPI, Reni menuturkan bahwa organisasinya memiliki kegiatan dengan mendatangkan ahli dalam bidang wirausaha setiap dua minggu sekali dengan tujuan menunjang ilmu dari para anggota IWAPI.
Tiwung Dyan, selaku Wakil Ketua 6 menjelaskan tips penting bagi pemula dalam memulai berwirausaha. Ia menuturkan bahwa yang paling penting adalah feeling.
“Setiap pengusaha harus memiliki feeling dengan apa yang dia jual. Karena itu adalah faktor yang utama. Selain feeling, pengusaha harus positif, fokus, berani berinovasi, dan mengetahui target pasar dari usahanya,” tutup wanita yang memiliki usaha Dyan Art ini. Sd/01