•   Kamis, 12 Desember 2019
Keuangan Syariah

ISEF Dibuka, Ini Janji Ma’ruf Amin

( words)
Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat pembukaan ISEF ke- 6 2019. SP/lp6


SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Rabu 13 November 2019, Wakil Presiden Ma’ruf Amin membuka Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-6 di Jakarta Convesion Center (JCC), Jakarta Pusat.

Saat berlangsungnya ISEF ke-6 2019, Wapres Ma’ruf Amin mengatakan bahwa pihaknya Bersama-sama dengan Presiden Jokowi berjanji akan memimpin langsung upaya pengembangannekonomi dan keuangan Syariah.

"Presiden bersama saya akan memimpin langsung upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Untuk itu saya akan memperkuat dan mempin langsung kelembagaan pengembangan ekonomi syariah," ujar Ma’ruf.

Ma’ruf menyebut, Indonesia masih jauh tertinggal dengan negara-negara yang berpenduduk mayoritas Islam seperti Mesir, Malaysia, dan Pakistan.

Menurut Ma’ruf, Mesir sudah lebih maju dengan pangkas ekonomi dan keuangan syariah sebesar 95 persen, Pakistan 10,4 persen, dan Malaysia.

Untuk memperkuat ekonomi syariah tersebut kata dia, pemerintah akan melakukan revisi Perpres 91/2016 tentang Komite Nasional Keuangan dan syariah (KNKS).

"Hal-hal yang perlu diubah dalam perpres tersebut adalah perubahan dari lingkup keuangan syariah diperluas menjadi lingkup ekonomi syariah," kata Ma’ruf.

Kemudian, dia juga akan melakukan perubahan struktur kelembagaan. Yaitu Presiden Joko Widodo sebagai ketua dan dirinya sebagai ketua Harian.Dengan penguatan tersebut diharapkan kata dia, pengembangan kelembagaan ekonomisyariah dapat mempercepat.

Selain itu, Revisi Perpres otomatis mengubah struktur kelembagaan KNKS dengan presiden dan wakil presiden sebagai Ketua dan ketua harian.

"Diikuti perubahan lainnya yang diperlukan, diharapkan, pengembangan kelembagaan ekonomi syariah dapat mempercepat dan memperluas dan memajukan ekonomi syariah dalam rangka memperkuat ketahanan ekonomi nasional," ujar Ma’ruf.

Berita Populer