•   Sabtu, 4 April 2020
Peristiwa Internasional

Irak Memanas, 100 Orang Dinyatakan Tewas

( words)


SURABAYAPAGI.COM, Baghdad -Setelah enam hari peristiwa kerusuhan terjadi di Irak, dilaporkan korban tewas berjumlah 100 orang dan lebih dari 6.000 lainnya terluka. Pada Minggu (6/10/2019) kemarin delapan orang dinyatakan tewas dalam bentrokan antara pasukan keamanan Irak dan pengunjuk rasa anti pemerintah.

Delapan orang yang tewas tersebut berasal dari Baghdad timur. Aksi bentrokan tidak dapat dihindari setelah polisi yang didukung oleh Angkatan bersenjata menggunakan peluru tajam.

Para demonstran turun ke jalan berjam – jam setelah pemerintah mengumumkan reformasi untuk mencoba meredakan kemarahan public atas korupsi dan tingginya angka pengangguran.

Bentrokan telah menghidupkan kembali kekhawatiran akan spiral kekerasan baru yang dapat menyedot kelompok – kelompok milisi yang berpengaruh dan dieksploitasi oleh Islamic state.

Dalam bentrokan terakhir, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Irak mengatakan jumlah korban tewas mencapai 104 orang, termasuk delapan anggota pasukan keamanan, dalam kerusuhan yang terjadi sejak Selasa lalu.

Selain itu, ada 6.107 orang yang terluka, termasuk lebih dari 1.000 polisi dan pasukan keamanan dan puluhan bangunan telah dibakar. Namun ia membantah pasukan keamanan telah menembak langsung ke arah para pengunjuk rasa.

Berita Populer