•   Rabu, 23 Oktober 2019
Kuliner

Inilah Cemilan Lezat yang Kaya Gizi

( words)


SURABAYAPAGI.com - Bitterballen adalah camilan asal Belanda yang populer di Indonesia. Bahan dasar utamanya biasanya daging giling beserta kuah sari yang dicampur dengan sayuran dan tepung. Namun banyak juga yang memodifikasinya dengan mencampurkan Mushroom.

Sajian ini sangat kaya akan gizi, mengandung karbohidrat, protein dan sayuran. Sangat pas disajikan sebagai camilan disela bersantai keluarga.

Bitterballen rasanya mirip dengan kroket, namun bentuk kecil bulat-bulat sekitar 3 sampai 4 cm. Bitterballen biasa dimakan sebagai kudapan yang menyertai minuman.

Image
Makanan ini, seperti kroket, biasanya dibuat dari daging sapi, udang atau kadangkala daging kuda yang dicincang dan dibuat ragout. Lalu kemudian dibalut menggunakan tepung roti dan digoreng dalam minyak panas. Setelah itu disajikan menggunakan saus moster.

Kenapa ada kata "bitter"? Apa rasanya pahit? Tidak sama sekali. Kata "bitter" dalam bahasa Belanda sejarahnya berasal dari kata "bijte" yang berarti "menggigit". Sedangkan "bitter" diartikan "tajam" dan "pahit". "Bitter" sendiri adalah minuman beralkohol yang berasal dari ekstrak herbal yang biasanya rasanya pahit.

Jadi, "Bitterbal" adalah bola-bola yang dimakan sebagai teman minum segelas "bitter", "bittertje" atau "borrel" alias bir.

Cita rasa dari Mushroom Bitterballen ini enak, gurih dan memiliki tekstur yang empuk. Sebenarnya bitterballen ini jika di Indonesia disebut dengan nama kroket.

Image
Walaupun terlihat memiliki bentuk dan rupa yang sama seperti kroket, ternyata bitterballen dan kroket memiliki perbedaan.

Perbedaan tersebut terletak pada bahan utama yang digunakan, jika kroket dibuat dari kentang sedangkan bitterballen dibuat dengan mengunakan adonan tepung terigu.

Di negara asalnya, bitterballen akan dengan mudah dijumpai dan sudah populer dijadikan sebagai hidangan camilan pada berbagai pub atau restoran Belanda.

Kamu tidak perlu jauh – jauh datang berkunjung ke Belanda hanya untuk menikmati kelezatan dari bitterballen, karena camilan yang satu ini bisa Kamu buat sendiri di rumah. Selain lebih ekonomis, Kamu juga bisa membuat sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Berita Populer