Ini Tips Belajar Daring Tanpa Stres dari Rumah

Visual by SP

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya, Dr. Ike Herdiana, M.Psi.,Psikolog memberikan beberapa tips untuk beberapa anak dan orang tua selama sekolah daring di tengah pandemi Covid-19 ini.

Tips ini agar anak menjadi nyaman belajar dari rumah dan ibu tidak stres, seperti membuat jadwal rutinitas anak, dimana ibu nantinya juga tahu jadwal dimana ia harus urus dan dampingi anak.

Kemudian latih anak lebih mandiri dengan mengerjakan tugas-tugas sehari-hari terutama untuk self help nya. Lalu atur waktu dan bagi peran bersama dengan suami atau anak-anak yang sudah besar, agar pekerjaan tidak menumpuk pada ibu.

"Jadi semuanya tersetting dengan baik dan mudah diantisipasi. Ibu juga membuat jadwal rutin dirinya, sehingga bisa disesuaikan dengan jadwal anak. Sehingga tidak perlu lagi memerlukan banyak bantuan ibu," tuturnya.

Ia juga mengingatkan bila orang tua perlu berdiskusi terus dengan guru, agar ibu paham batasan dan bantuan seperti apa yang harus diberikan pada anak.

Seorang ibu juga harus terus belajar adaptif dengan situasi ini, minta bantuan pada pasangan atau keluarga untuk sama-sama melalui kesulitan pandemik ini, sehingga tidak merasa sendiri dan frustrasi

"Jika ibu mengalami stres sampai frustrasi dan bertindak kekerasan, maka membutuhkan bantuan profesional. Segera hubungi psikolog melalui layanan daring misalnya layanan SEJIWA 119 Ext 8 untuk mendapatkan pertolongan psikologis awal dan rujukan jika diperlukan," tandasnya. byt

 

 

Tips Belajar Tanpa Stres dari Rumah

=================================

1) Ibu dan anak buat jadwal rutinitas anak

2) Latih anak lebih mandiri

3) Atur waktu untuk belajar bersama dengan anak

4) Buat jadwal intens diskusi dengan guru baik tatap muka atau manfaatkan teknologi

5) Untuk Ibu, minta bantuan saudara, atau keluarga lain untuk mengawasi belajar mengajar

6) Bila Ibu stress dan frustasi, segera konsultasi ke psikolog / layanan Pendidikan.