•   Minggu, 23 Februari 2020
Internasional

Indonesia Akan Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

( words)
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi mengenakan syal bergambar bendera Palestina buatan janda di Gaza.


Pada 2017, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menuturkan Indonesia telah menerapkan kerja sama tarif nol untuk sejumlah produk yang berasal dari Palestina yang masuk ke pasar Indonesia. Produk-produk itu meliputi kerajinan tangan, minyak zaitun, dan sejumlah produk Palestina lainnya. JAKARTA, M. Burhanudin.

Palestina masih menjadi fokus kebijakan luar negeri Indonesia untuk tahun 2018. Menlu Retno menyatakan Indonesia masih akan terus memberikan bantuan kepada masyarakat Palestina, dan melanjutkan upaya untuk membantu kemerdekaan Palestina.
"Sikap Indonesia mengenai Palestina, termasuk status Yerusalem sudah sangat jelas, tegas dan konsisten seusai panggilan konstitusi. Diplomasi Indonesia akan terus berjuang untuk Palestina, demi kemanusiaan, demi keadilan," kata Retno saat menyampaikan Pernyataan Pers Tahunan Menteri, di kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia di kawasan Pejambon, Jakarta Pusat.
Retno kemudian menjabarkan upaya-upaya Indonesia dalam membantu Palestina sepanjang tahun 2017, dan mengungkapkan bantuan yang akan diberikan pada tahun 2018.
Dirinya mengatakan dukungan Indonesia terhadap Palestina bukan hanya ditunjukkan melalui jalur diplomasi, tapi juga upaya nyata dengan dukungan ekonomi dan dukungan kerja sama teknis. Dukungan-dukungan itu ditujukan untuk meningkatkan kapabilitas masyarakat Palestina.
Sementara itu pada tahun 2018, Retno mengatakan pemerintah Indonesia akan meningkatkan kerja sama desalinasi air dan kesehatan bagi warga Palestina.
"Sekali lagi, Palestina ada di jantung politik luar negeri Indonesia, dan di setiap helaan nafas diplomasi Indonesia, di situ terdapat perjuangan untuk Palestina. Indonesia kembali menyerukan kepada negara dunia agar terus memberikan dukungan bagi Palestina," tukasnya. 01

Berita Populer