•   Minggu, 19 Januari 2020
Internasional

India Berhasil Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua

( words)
Rudal balistik India


Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman, mengungkapkan uji coba rudal balistik antarbenua ini dilakukan di sebuah pulau di Odisha, sebuah negara bagian India Timur di Teluk Benggala. Ini pertama kalinya rudal Agni-V diuji coba. NEW DELHI, M. Burhanudin.
India berhasil menguji rudal balistik antarbenua miliknya. Rudal tersebut dilaporkan menempuh jarak lebih dari 5.000 kilometer.
"Kami telah berhasil meluncurkan rudal balistik bertenaga nuklir Agni-V hari ini," kata Sitharaman, dilaporkan laman Anadolu Agency.
Sitharaman pun menguraikan detail rancangan rudal Agni-V yang baru saja diuji coba. Rudal Agni-V adalah versi terbaru dari serial rudal asli India, yakni Agni. Rudal Agni-V memiliki tinggi 17 meter dan lebar 2meter. Rudal ini disebut mampu membawa hulu ledak nuklir seberat 1,5 ton.
Rudal tersebut nantinya akan disimpan di gudang Komando Pasukan Strategis India. Komando ini merupakan bagian dari Otoritas Komando Nuklir negara yang bertanggung jawab atas pengelolaan persenjataan nuklir taktis dan strategis. 06

Berita Populer