•   Minggu, 5 April 2020
Internasional

Hong Kong Express Diakuisisi Cathay Pacific

( words)
Pesawat maskapai Hong Kong Express


SURABAYAPAGI.com - Cathay Pacific resmi mengakuisisi Hong Kong Express. Rabu (27/3) pembelian Hong Kong Express ditebus Cathay senilai HK$ 4,93 miliar atau setara US$ 628 juta.
Dari nilai transaksi tersebut, HNA Group pemegang saham pengendali Hong Kong Express menerima uang tunai HK$2,25 miliar. Sementara sisa HK$ 2,68 akan dibayar melalui penerbitan surat utang yang didaftarkan di Bursa Efek Hong Kong.
Proses akuisisi ini sendiri ditargetkan akan kedua pihak dapat rampung pada 2019. Akuiusisi dilakukan Cathay guna melebarkan bisnis perusahaan di segmen low cost carrier (LCC).
Termasuk untuk dapat bersaing dengan kompetitornya, Singaore Airlines, dan Qantas yang sudah memiliki merek LCC masing-masing. Terutama di Bandara Hong Kong Internasional.
Sebab, Bandara Hong Kong sudah kepenuhan armada. Sementara penambahan kuota baru akan terjadi setelah renovasi bandara rampung pada 2024 mendatang.
Di Bandara Hong Kong, Hong Kong Express sendiri sudah memiliki 24 armada Airbus SE A320. Sementara atas aksi ini, Cathay diprediksi bisa memiliki 51 persen jumlah kursi pesawat di Bandara Hong Kong.

Berita Populer