•   Senin, 6 April 2020
BUMN

Hari Ini, 1.800 Calon Jemaah Haji Diberangkatkan

( words)
Menteri Agama RI Lukman Hakim bersama calon jamaah haji asal Surabaya


Julian Romadona
Wartawan Surabaya Pagi

Sabtu (6/7/2019) hari ini, dua kloter awal embarkasi Surabaya yakni berasal dari Magetan, Ngawi, Ponorogo dan Surabaya akan diterbangkan secara perdana menuju tanah suci, yakni Madinah, Arab Saudi melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Mereka akan diberangkatkan pada Sabtu (6/7/2019) pukul 03:15 WIB dan pukul 07:05 WIB. Secara total jemaah yang berangkat mencapai 1.800 orang, dengan menggunakan Saudi Arabia Airline dan Garuda Indonesia.

Jumat (5/7/2019) kemarin, masing-masing calon jamaah haji menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan tahap akhir seperti pemberian gelang, pengecekan dokumen kelengkapan ibadah haji, dan pembagian uang saku.

Image
Pengecekan terhadap calon jamaah haji itu langsung ditinjau langsung oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur RI Khofifah Indar Parawansa.

"Ada 13 embarkasi, ada 13 asrama haji, 13 bandara, yang akan mengangkut seluruh jamaah haji kita. Gelombang pertama di Madinah gelombang 2 di Jeddah. Jadi, hari ini (kemarin, red) selain Surabaya adalah Batam. Mulai Besok (hari ini, red), seluruh embarkasi sudah beraktifitas," ujar Lukman pada Jumat (5/7/2019).

Sementara, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa menyebut, seluruh Calon Jamaah Haji asal Indonesia merupakan duta bangsa. Untuk itu, Khofifah berpesan, agar jamaah bisa menjaga nama baik bangsa Indonesia.

"Para jamaah haji, ketika di seluruh perjalanan ibadah haji nanti, dari mulai masuk pesawat, sampai kembali ke Tanah Air, adalah duta bangsa," ujar Khofifah, Jumat (5/7/2019).

Kepada jamaah yang mampu membangun komunikasi dengan bahasa Arab, Khofifah minta agar para jamaah haji menyampaikan pesan persaudaraan antar umat Islam dan antar umat beragama di Indonesia, berjalan dengan baik.

Pesan Islam rahmatan lil alamin, sangat penting ditunjukkan kepada umat Islam di seluruh dunia yang tengah beribadah di tanah suci. n

Berita Populer