Hari Anti Korupsi, Momentum Kredibilitas Kinerja KPK

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Pengamat politik, Muhammad AS Hikam, turut mengapresiasi kinerja Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) yang menunjukan nilai positif dalam memerangi korupsi di negara ini.
Menurutnya, momentum Hari Anti Korupsi yang jatuh pada hari ini(kemarin,red), Minggu (9/12), harus menjadi koreksi tersendiri bagi semua pihak untuk tidak mengintervensi maupun hamabatan tertentu bagi tugas pokok KPK. Pasalnya publik Indonesia maupun internasional menilai kredibilitas KPK sangat tinggi dan baik.
"Kalau KPK tidak terus menerus diganggu dan diupayakan agar diperlemah oleh sementara politisi dan anggota parlemen serta para koruptor, maka proses pemberantasan tindak pidana korupsi (tipikor) di Indonesia akan jauh lebih efektif," ungkap Muhammad AS Hikam kepada wartawan, Jakarta, Minggu (9/12).
Di sisi lain, di tengah tahun politik menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 April mendatang. KPK juga perlu ikut serta mengawasi anggaran Pemilu 2019 untuk menghindari adanya tindak penyelewengan anggaran.
Selanjutnya, Muhammad AS Hikam, menyampaikan dalam langkah KPK untuk mengawasi anggaran Pemilu 2019, harus mendapat dukungan penuh dari publik maupun pemerintah.
"KPK harus diberi akses yg luas untuk melakukan pemeriksaan terhadap para pengguna anggaran, termasuk pihak penyelenggara Pemilu, mulai dari paling atas sampai tingkat Kabupaten," pungkasnya. Jk