•   Jumat, 28 Februari 2020
Peristiwa Hukum

Harapan Jokowi Terkait Dewan Pengawas KPK

( words)
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).


SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berharap untuk pemilihan pertama kalinya ini dipilih dan diangkatmya Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), diisi oleh orang-orang yang memiliki integritas.

Menurut Jokowi, personel Dewan Pengawas KPK masih digodok dalam tim internal. Jika penggodokan sudah selesai, dia berjanji akan menyampaikannya kepada masyarakat.

“Nanti, masih bulan Desember. Masih digodok dalam tim internal. Nanti kalau sudah kita sampaikan,” kata Presiden Jokowi usai membuka Konstruksi Indonesia 2019 di Indoor Hall B JI-Expo Kemayoran, Rabu (6/11/2019) siang.

Mengenai pelantikan Dewan Pengawas KPK, Jokowi membenarkan akan dilantik bersamaan dengan pelantikan komisioner KPK periode 2019-2023, yaitu bukan Desember mendatang.

Sebelumnya saat bertemu dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 1 November 2019 siang, Jokowi secara tegas menyatakan tidak akan membentuk Panitia Seleksi untuk memilih dan menentukan Dewan Pengawas KPK.

Kendati demikian Jokowi menjamin orang-orang yang akan dipilih dalam Dewan Pengawas KPK memiliki kredibilitas yang baik.

Sesuai Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2012 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, anggota Dewan Pengawas KPK berjumlah lima orang.

Tugas Dewan Pengawas KPK antara lain mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang KPK, memberikan izin atau tidak memberikan izin penyadapan, penggeledehan, dan/atau penyitaan.

Berita Populer