•   Selasa, 7 April 2020
Pilpres 2019

Hal yang Perlu Diketahui Menjelang Debat Perdana Capres

( words)
Suasana keakraban bakal pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Maaruf Amin (kanan) dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (kiri) seusai pengambilan undian nomor urut peserta pemilihan umum 2019.


SURABAYAPAGI.com - Kamis (17/1) malam ini dua pasangan calon presiden dan wakil presiden yaitu Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan saling beradu pandangan dalam debat perdana capres-cawapres di Pilpres 2019.

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui menjelang debat capres perdana.

Waktu dan Tempat
Debat perdana akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, dan dimulai pukul 20.00 WIB.

Tema Debat
Untuk debat perdana capres-cawapres di Pilpres 2019, KPU memilihkan empat tema debat yaitu Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Korupsi, dan Terorisme.

Moderator Debat

Mantan pembawa berita Ira Koesno dan Imam Priyono sudah diplot sebagai moderator sekaligus memandu jalannya debat capres perdana ini.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman pada akhir Desember lalu menyatakan bahwa pemilihan moderaot debat atas sepersetujuan baik Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf maupun Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi.

Panelis Debat
Enam nama yang terpilih sebagai anggota tim panelis yaitu Hikmahanto Juwana (Guru Besar Hukum UI), Bagir Manan (Mantan Ketua MA), Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM), Bivitri Susanti (Ahli Tata Negara), Margarito Kamis (Ahli Tata Negara), dan Ketua KPK Agus Rahardjo. Mereka bertugas untuk menyusun pertanyaan yang akan diajukan pada paslon.

Sebelumnya mantan Ketua KPK Bambang Widjojanto dan Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo sempat masuk ke dalam tim panelis namun kemudian dicoret oleh KPU atas kesepakatan dengan TKN dan BPN.

Format Debat
Berbeda dari debat lima tahun lalu, KPU memilih untuk menggunakan dua sistem pada debat kali ini yaitu pertanyaan terbuka dan pertanyaan tertutup.

Pertanyaan terbuka merujuk pada fakta bahwa tim panelis telah mengirimkan terlebih dahulu 20 pertanyaan kepada kedua pasangan sejak 10 Januari lalu. Namun, pada debat perdana capres-cawapres malam nanti, hanya akan ada tiga pertanyaan yang diajukan kepada paslon dan dipilih secara acak.

Sementara itu, pertanyaan tertutup akan terjadi di segmen selanjutnya yaitu ketika kandidat saling melontarkan pertanyaan. KPU menyatakan bahwa di segmen inilah pertanyaan yang tidak terduga akan muncul sehingga dinamai pertanyaan tertutup.

Susunan Acara Debat
Segmen pertama berisi pemaparan visi dan misi kandidat terkait tema yang didebatkan dan berdurasi 23 menit 15 detik.

Segmen dua dan tiga akan menjadi kesempatan kandidat menjawab pertanyaan dari tim panel. Masing-masing segmen berdurasi 15 menit 30 detik.

Segmen keempat dan kelima akan jadi kesempatan kandidat untuk saling mencecar pertanyaan. Total durasi untuk saling cecar adalah 26 menit.

Debat akan ditutup di segmen enam dengan pernyataan penutup dari masing-masing kandidat.

Stasiun Televisi yang Menyiarkan
Pada debat perdana capres-cawapres 2019, ada empat media massa yang diberikan akses untuk meliput langsung ke ruang debat, yakni, Radio Republik Indonesia (RRI), TVRI, Kompas TV dan Rajawali TV. Namun, KPU tetap mewajibkan stasiun televisi lainnya untuk menayangkan.

Nonton Bareng Debat Capres
KPU juga menyediakan lokasi nonton bareng debat capres perdana 2019 di beberapa titik di sekitar Hotel Bidakara, Jakarta.

Jadwal Debat-debat Lainnya:
Debat kedua digelar di Hotel Fairmont, Jakarta, pada 17 Februari. Debat ini hanya menampilkan Capres dan bertema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat Ketiga dihelat di Hotel Sultan, Jakarta, pada 17 Maret. Debat ini hanya menampilkan Cawapres dan bertema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Debat keempat digelar di Balai Soedirman, Jakarta pada 30 Maret. Debat hanya menampilkan Capres dan bertema ideologi, pemerintahan, keamanan, serta hubungan internasional.

Debat kelima digelar di Hotel Bidakara, namun tanggap pelaksanaan belum disepakati. Debat kembali menampilkan pasangan Capres-Cawapres dan bertema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi serta industri. vw/cn

Berita Populer