•   Minggu, 15 Desember 2019
Peristiwa Nusantara

Gunung Merapi Mulai Mengeluarkan Lava dari Perutnya, Status Merapi Waspada

( words)
Lava pijar dari gunung merapi


SURABAYAPAGI.com – Gunung merapi merupakan salah satu gunung berapi yang aktif dan hari ini Jumat (21/12) pukul 12.21 WIB Gunung Merapi kembali mengeluarkan lava dari perutnya. Guguran tersebut memiliki jarak luncur lava mencapai 1 kilometer dan mengarah ke Kali Gendol.
“Iya betul mas. Tadi pada pukul 12.21 WIB mengarah ke Kali Gendol,” kata Lasiman, petugas jaga Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Sleman, saat dihubungi, Jumat (21/12).
Sementara itu, durasi guguran lava saat itu mencapai 128 detik. Jarak guguran ini lebih jauh dibanding dengan guguran sebelumnya yang hanya sekitar 300 meter.
“Jarak luncur 1 km dengan dirasi 128,96 detik. Kemudian gempa amplitudo tercatat 70 mm saat guguran,” katanya.
Meski begitu, Lasiman memastikan guguran kali ini masih aman. Radius bahaya dari puncak Merapi, yakni 3 km. Status Merapi pun masih level II atau waspada. Sebelumnya, guguran lava yang cukup mencolok terjadi pada, Rabu (19/12) lalu. Guguran lava di puncak Gunung Merapi tampak di CCTV BPPTKG Yogyakarta sekitar pukul 19.02 WIB di puncak.
“Iya sama mengarah ke Kali Gendol. Jamnya kalau di seismograf, jamnya 11:59 UTC,” jelas Lasiman, Rabu (19/12).
Lasiman mengatakan guguran lava pijar kali ini jarak luncurannya mencapai sekitar 350 meter. Sedangkan durasinya mencapai 55 detik. Meski begitu ia memastikan kondisi guguran lava pijar Gunung Merapi masih wajar. kp

Berita Populer