•   Selasa, 7 April 2020
Internasional

Guillermo Haro, Google Doodle Hari Ini

( words)
Guillermo Haro


SURABAYAPAGI.com - Ahli astronomi Meksiko Guillermo Haro tampil di Google Doodle, Rabu, 21 Maret 2018. Pria kelahiran Mexico City, 105 tahun silam itu adalah penemu tiga bintang selaras, atau dikenal dengan "Three Sisters."
Ketiga bintang ini bagian dari rasi Orion. Pada usianya ke-30 tahun, Haro mulai melakukan observasi astronomi di Harvard College Observatory, Massachusetts, Amerika Serikat.
Ia bersama rekannya, George Herbig, menemukan bintang suar, hingga agregat bintang dari berbagai usia. Keduanya juga berhasil mendeteksi sejumlah besar Planet Nebula menuju pusat Galaksi.
Haro, yang tumbuh dan besar di era Revolusi Meksiko ini, menemukan kondensasi nonstell di awan dengan kepadatan tinggi dekat daerah pembentukan bintang baru, yang sekarang disebut Herbig-Haro Objects.
Pada 1959, Haro merupakan orang pertama yang terpilih menjadi anggota Royal Astronomical Society, Inggris, dari negara berkembang yang dijuluki Sombrero.
Ilmu astronominya diwariskan ke dalam National Institute of Astrophysics, Optics and Electronics, di San Andres Cholula, Meksiko. Haro mendirikan lembaga ini untuk mendukung kegiatan sains, khususnya bagi mahasiswa dan ilmuwan.
Lembaga tersebut juga menjalankan sebuah observatorium yang diberi nama dirinya, Guillermo Haro, di Sonora, Meksiko. Haro menghembuskan napas terakhir pada 26 April 1988 pada usia ke-75 tahun. (viv/01)

Berita Populer