•   Senin, 18 November 2019
Surabaya

Gubeng Ambles, Risma Keseleo

( words)
Tri Rismaharini


Insiden amblesnya jalan Raya Gubeng Surabaya menjadi perhatian banyak pihak. Namun, sejak peristiwa terjadi Selasa (18/12/2018) malam, hingga Rabu (19/12/2018), Walikota Surabaya Tri Rismaharini tak tampak batang hidungnya.
Sikap berbeda ditunjukkan saat Tri Rismaharini marah besar melihat Taman Bungkul yang rusak akibat acara bagi-bagi es krim 11 Mei 2014 silam. Padahal amblesnya Raya Gubeng lebih besar dampaknya ke publik. Ke mana Walikota Risma yang baru mendapat penghargaan di Guangzhou Award?
Sejumlah wartawan sempat bertanya-tanya, karena biasanya Risma kerap terlihat ke lapangan. Seperti pengecekan saluran air di Banyu Urip yang dilanjutkan ikut mengatur lalu lintas ketika hujan dan banjir di Jalan HR Muhammad, pekan lalu.
Ketika dikonfirmasi, Kabag Humas Pemkot Surabaya Muhammad Fikser mengatakan, Tri Rismaharini masih dalam kondisi recovery (pemulihan) dari sakit di bagian kaki karena sidak saluran di Banyu Urip.
Meski begitu, menurut Fikses, Walikota Risma tetap memonitor dan memberi instruksi kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bertindak cepat menangani insiden amblesnya jalan Raya Gubeng.
"Bu Wali masih pemulihan. Beliau istirahat di kediaman. Tapi, seluruh tindakan Pemkot Surabaya atas instruksi Ibu melalui Handy Talky (HT) maupun per telepon," jelas Fikses, Rabu (19/12/2018).
Walikota, lanjut dia, juga memberikan arahan kepada Tim Ahli Bangunan Pemkot Surabaya agar mengecek kekuatan tanah dan penahan tembok penyangga basement RS Siloam.
"Beliau juga memberi arahan agar PDAM, suplai air agar diperhatikan. Beliau juga memperhatikan karena itu juga jalan utama, bagaimana penyelidikan bisa segera diselesaikan agar jalan itu bisa dibangun dan kembali bisa menjadi fasilitas umum," papar Fikser.
Sebelumnya, Walikota Tri Rismaharini mengalami cedera saat mengatur lalu lintas di Jalan HR Muhammad. Kakinya keseleo sehingga harus dipapah dan diperiksakan di rumah sakit.
Hasilnya, dari pengamatan dengan magnetic resonance imaging (MRI), di kedua kaki Risma ditemukan semacam sobekan sepanjang 6 mm dan 7 mm. n

Berita Populer