•   Sabtu, 16 November 2019
SGML

Gresik Tak Miliki Jembatan Timbang

( words)
Ilustrasi jembatan timbang.


SURABAYAPAGI.com, Gresik - Jembatan kembar sisi barat yang menghubungkan Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban dengan Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan ambrol, Selasa (16/4/2018) lalu, disebut-sebut salah satu penyebabnya diduga akibat beban muatan truk melebihi tonase.

Muatan 120 ton, jauh dari batas aman jembatan yang usianya sudah 30 tahun pada rancangan tahun 1970.
Yang menjadi pertanyaan, bagaimanakah fungsi kontrol jembatan timbang? Sehingga masih saja ada angkutan truk yang lolos melewati jalan melampaui tonase kelas jalan dan jembatan?
Atau jangan-jangan dugaan selama ini terkait adanya main mata antara oknum petugas jembatan timbang dengan driver, betul-betul terjadi.
Peristiwa ambrolnya jembatan kembar Widang - Babat ini, mesti menjadi bahan evaluasi petugas. Terutama muatan truk yang harus sesuai ketentuan agar pengalaman pahit ini tak terulang kembali.
Nah, bagaimanakah komentar pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik terkait, pengawasan petugas jembatan timbang? Apakah dinas ini mengendus adanya dugaan praktik main mata antara oknum petugas dengan sopir angkutan?
Sekretaris Dinas Perhubungan Gresik, AH Sinaga tidak bisa berkomentar banyak mengenai jembatan timbang. Pasalnya, Gresik tidak memiliki jembatan timbang untuk mengukur tonase muatan angkutan barang.
"Kita di Gresik kan tidak ada jembatan timbang. Adanya di Widang dan Lamongan. Tapi itu bukan wilayah kami," ujar Sekretaris Dishub Gresik, Kamis (19/4/2018).
Ketika ditanya mengenai pengawasan angkutan barang yang melintas di wilayah Gresik, untuk memastikan muatannya sudah sesuai atau tidak. Sinaga pun menjelaskan bahwa tufoksi Dishub tidak sebagai eksekutor. Dishub hanya penyedia fasilitas rambu lalulintas dan kewenangan menyetop angkutan di jalan adalah bagian Polisi Lalulintas.
"Kecuali kalau kita diikutsertakan. Dan itu sering kami digandeng oleh rekan-rekan polisi saat operasi," terangnya.
Menurut AH Sinaga, untuk mencegah keberadaan angkutan umum khususnya truk agar tidak melebihi tonase, petugas jembatan timbang Widang perlu memperketat pengawasannya. Begitu juga di jembatan timbang lainnya. Sebab, jembatan timbang ada di beberapa titik kecuali Gresik, jembatan timbang tersebut, nihil.
"Jembatan timbang ini, kewenangan Dishub Provinsi. Makanya, dari duku Gresik tidak punya jembatan timbang," tutupnya. Mis

Berita Populer