Grab Ajak Jutaan UMKM Jawa Timur #TerusUsaha Melalui Digitalisasi

Pelaku UMKM menggunakan Grab #TerusUsaha pada usaha mereka

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Sebagai langkah yang tepat untuk mendukung  percepatan digitalisasi jutaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terutama di masa pandemi Covid-19, Grab luncurkan program #TerusUsaha di Jawa Timur.

Pada masa pandemi Covid-19 banyak sekali para pelaku UMKM yang mengeluhkan akan penurunan omset. Dengan adanya pogram ini untuk mendukung #BanggaBuatanIndonesia milik pemerintah dalam melatih serta meningkatkan daya saing UMKM guna menghadapi ekonomi digital.

Program Terus Usaha ini mencakup pemberian iklan gratis bagi ribuan UMKM Surabaya, aplikasi untuk digitalisasi bisnis dan individu yang kehilangan pekerjaan melalui GrabMerchant dan GrabKios, serta sebuah portal khusus bagi UMKM agar bisa belajar dan mencari inspirasi. Grab juga bekerja sama dengan pemerintah di berbagai kota Jawa Timur untuk memberikan pelatihan dan teknologi untuk persiapkan UMKM lokal dan pedagang tradisional masuk dalam ekonomi digital.

Halim Wijaya, selaku Head of East Indonesia Grab Indonesia, menjelaskan bahwa program #TerusUsaha merupakan komitmen Grab guna mendukung ketahanan dan percepatan digitalisasi UMKM. Sejalan dengan komitmen jangka panjang GrabForGood untuk membawa dampak positif dari teknologi untuk membantu UMKM lebih siap menyambut era tatanan kehidupan baru.

"Solusi digitalisasi yang dihadirkan ini kami percaya mampu memberikan kontribusi besar untuk perekonomian daerah dan penciptaan lapangan kerja. Berkembangnya UMKM pun akan membawa dampak yang baik untuk kehidupan masyarakat yang ada di sekitarnya," jelasnya.

Program #TerusUsaha mempunyai 7 Solusi Digitalisasi Grab untuk Jawa Timur di Era New Normal seperti, Meningkatkan Visibilitas dan Permintaan. Selain itu mrmberikan Pelatihan Keterampilan dan Pertumbuhan bagi Bisnis Kecil dan menciptakan Kesempatan Pendapatan Baru Bagi Mereka yang Membutuhkan melalui GrabMerchant dan GrabKios.