•   Minggu, 5 April 2020
Internasional

Google Doodle Rayakan 30 Tahu Pi Day

( words)
Google Doodle Pi Day


SURABAYAPAGI.com - Google Doodle hari ini memasang ilustrasi pai buah. Itu untuk merayakan 30 tahun Pi Day atau Hari Pi.
Setiap bulan Maret, tanggal 14, Amerika Serikat (AS) merayakan Pi Day. Tiga angka tersebut adalah tiga angka pertama dalam konstanta pi atau 3,14.
Namun Pi Day jarang diperingati di luar Amerika pada hari ini lantaran hanya AS yang menggunakan format tanggal bulan/hari/tahun, sehingga hari ini tepat dengan angka pi. Sementara negara lainnya di luar Amerika memperingati pada tanggal 22 Juli atau memilih tidak merayakannya.
Adapun awal mula perayaan Pi Day, seperti dilansir dari History.com, dimulai pada tahun 1988 oleh fisikawan Larry Shaw, di mana 14 Maret dipilih karena tanggal numeriknya (3,14) mewakili tiga digit pertama pi. Tanggal ini juga merupakan ulang tahun Albert Einstein.
Perayaan Pi Day kali pertama berlangsung di tempat kerja Shaw di Exploratorium, sebuah museum sains interaktif di San Francisco, AS. Mereka merayakannya dengan cara berbaris membentuk lingkaran sambil makan pai buah.
Setelah itu, Pi Day terus dirayakan dan perayaannya semakin besar. Sehingga pada 2009, Dewan Perwakilan Rakyat AS menetapkan Pi Day menjadi hari libur nasional.
Pi mulai dikenalkan oleh ahli matematika Yunani Kuno Archimedes. Dia disebut sebagai orang pertama yang secara akurat menghitung taksiran nilai pi. Karena ini adalah bilangan transendental yang tidak masuk akal dan tak terbatas, dia menentukan nilai pi dengan tiga digit pertama (3,14) atau fraksi 22/7.
Dalam matematika, pi adalah rasio konstan keliling lingkaran terhadap diameternya. Sejak pertengahan abad ke-18, pi diwakili oleh huruf Yunani. Sebenarnya, kata pi sendiri berasal dari huruf pertama kata Yunani, perimetros yang berarti keliling.
Pada tahun 2015, penggemar Pi Day merayakan di tanggal 3 Maret 2015 pada pukul 9:26:53. Tanggal dan waktu perayaan itu mewakili 10 digit pertama pi, 3,141592653.
Ahli matematika, ilmuwan dan guru berharap hari libur Pi Day akan membantu meningkatkan minat orang terhadap matematika dan ilmu pengetahuan secara nasional, melalui pengajaran, pameran museum, lomba makan atau lempar kue dan banyak lagi. (viv/02)

Berita Populer