•   Minggu, 19 Januari 2020
Traveling

Goa Tetes Menjadi Primadona Wisatawan Saat Libur Akhir Tahun

( words)
Goa Tetes Lumajang


SURABAYAPAGI.com – Ada tempat wisata menarik di Lumajang yang wajib kalian kunjungi apabila ingin berlibur akhir tahun dengan keluarga maupun teman. Tempat ini bernama Goa Tetes. Menjelang libur panjang akhir tahun, Goa Tetes di Lumajang mulai diserbu wisatawan.
Goa yang terletak di lereng Gunung Semeru ini merupakan obyek wisata yang memadukan keindahan antara goa dengan air terjun yang mengalir dari gunung. Selain itu, Goa Tetes memiliki stalakmit dan stalaktit yang memiliki aneka ragam warna.
Pengelola menyebut jumlah pengunjung saat liburan kali ini melonjak tajam.

"Jadi kalau hari Minggu biasa cuma puluhan yang datang. Tapi kalau pas libur Natal dan Tahun Baru seperti ini pengunjung mencapai ratusan wisatawan per hari," ujar Pengelola Wisata Goa Tetes, Anang Adi Waluyo, Jumat (28/12/2018).
Menurut Anang, bila di akhir pekan, pengunjung Goa Tetes hanya berkisar 70-90 orang, namun pada libur Natal dan Tahun Baru ini pengunjung bisa mencapai 400 orang.
Lokasi Goa Tetes sendiri berjarak sekitar 50 km dari pusat Kota Lumajang. Para wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua, roda empat maupun bus menuju obyek wisata andalan tersebut.
Dari pusat Kota Lumajang, motor, mobil atau bus dapat melewati jalan raya ke arah Kabupaten Malang. Pengunjung tinggal menyusuri Jalan Raya Pasirian, Desa Candipuro, Kecamatan Pronojiwo hingga memasuki Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo. Di sebelah kiri jalan akan ditemukan papan Wisata Goa Tetes.
"Dari parkir ke gapura wisata sekitar 10 meter. Dari gapura wisata trek menurun dengan jalan bebatuan 400 meter," terang Anang.
Mendekati Goa Tetes, jalan semakin menantang karena harus meniti tebing karang yang dialiri air, sehingga pengunjung harus berhati-hati. Namun rasa lelah akan hilang ketika sampai di Goa Tetes dengan keindahan alamnya.
"Yang bisa dinikmati di wisata ini yaitu pemandangan yang sangat indah sehingga sangat cocok buat liburan, serta airnya bersih dari pegunungan asli," kata salah satu pengujung, Totok (26).
Kekaguman yang sama juga disampaikan pengunjung lain bernama Heni (21). "Saya baru pertama kali ke Goa Tetes. Perasaannya sangat senang melihat keindahan alamnya, keren banget," tandasnya.
Untuk masuk ke Wisata Goa Tetes, pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp 5.000 per orang. dt

Berita Populer