•   Senin, 30 Maret 2020
Ekonomi NKRI

“GESIT” Bakal Bantu OJK Awasi Fintech

( words)
Konferensi pers sosialisasi POJK, Makasar SP/OJK


SURABAYAPAGI.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperingati hari jadi pertama Innovation Center for Digital Financial Technology (OJK-Infinity).

Guna memperingati hari jadi OJK Infinity, regulator jasa keuangan ini mengelar seminar dengan topik Parametric Insurance. Pihaknya juga meluncurkan Gerbang Elektronik Sistem Informasi Keuangan Digital (GESIT) yang merupakan upaya untuk mempermudah proses pencatatan IKD dan untuk meningkatkan efektifitas pengawasan IKD.

GESIT diciptakan sebagai bentuk awal dari pengembangan supervisory technology (suptech) untuk inovasi keuangan digital (IKD). Dengan hadirnya GESIT, diharapkan pengurusan pencatatan, pendaftaran dan pemenuhan aspek kepatuhan hukum lainnya untuk IKD menjadi semakin mudah.

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida menyatakan OJK Infinity ini didirikan pada 20 Agustus 2018 sebagai sentra pengembangan Inovasi Keuangan Digital di Indonesia.

Laman mini di portal OJK tersebut sebagai media interaksi antara otoritas dengan financial technology (fintech) sebagai penyedia teknologi Inovasi Keuangan Digital (IKD) dan masyarakat.

"Suptech ditujukan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pemantauan terhadap penyelenggara terkait aspek kepatuhan terhadap aturan yang berlaku," ujar Nurhaida di kantor OJK Gedung Wisma Mulia 2, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa, 3 September 2019.

Menurutnya, penerapan supTech dimaksudkan untuk pengembangan ekosistem perusahaan fintech yang masuk dalam ranah IKD. Hal ini sejalan dengan komitmen OJK untuk mendukung perkembangan sektor keuangan digital secara utuh dan berkelanjutan, serta mendukung peningkatan inklusi keuangan.

"Platform yang akan diluncurkan hari ini merupakan sebuah versi awal yang tentu saja akan dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan selanjutnya. Kami tentu mengharapkan masukan agar platform ini menjadi lebih baik," pungkas Nurhaida.

Berita Populer