•   Senin, 16 Desember 2019
Peristiwa Nasional

Gempa 5,1 Guncang Ambon Selama Malam, Dilaporkan 1 Orang Meninggal Dunia

( words)
sejumlah pasien rumah sakit Al Fatah Ambon dievakuasi saat gempa terjadi


SURABAYAPAGI.COM, Ambon –Selasa (12/11) malam, gempa bermagnitudo 5,1 SR mengguncang wilayah Ambon, Maluku. Titik lokasi gempa berada di 16 km selatan Kairatu – Seram bagian barat, 30 km timur laut Ambon. Dengan kedalam gempa 10 km.

Kekuatan gempa yang cukup besar mengakibatkan banyak bangunan rusak.

Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) provinsi Maluku melaporkan sampai Rabu (13/11), dampak kerusakan terjadi pada sejumlah bangunan di beberapa titik.

Kepala pusat data, informasi dan humas BNPB agus Wibowo mengatakan, dampak kerusakan dengan kategori ringan yang telah berhasil diidentifikasi sampai saat ini diantaranya Rumah Susun Waiheru di Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Gedung Maluku City Mall, dan Masjid di Gunung Malintang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

"Di samping kerusakan bangunan, goncangan juga menyebabkan monumen Patung Leo Leimena rusak. Monumen tersebut berlokasi di Kecamatan Baguala, Kota Ambon," kata Agus, dalam rilisnya Rabu pagi.

BPBB melaporkan satu orang meninggal dunia karena serangan jantung pasca gempa. Korban diduga mengalami serangan jantung setelah kaget dengan goncangan gempa yang dirasakan di Kota Ambon pada IV MMI.

"Korban meninggal atas nama Ibrahim Bugis yang tinggal di Tantui Kampung Jawa, Kota Ambon," ujar Agus.

Berita Populer