•   Rabu, 23 Oktober 2019
Ekonomi China

Gandeng China, Ethiopia Dirikan Taman Industri Baru

( words)
Taman Industri Hawassa di twon, 275 kilometer selatan Addis Ababa, Ethiopia. SP/Xnh


Ethiopia dan China akan bermitra untuk membangun taman industri baru senilai 300 juta dolar AS di negara Afrika Timur.

Liu Yu, penasihat ekonomi dan komersial di Kedutaan Besar China di Ethiopia, mengatakan baru-baru ini bahwa pembangunan taman, yang terletak di kota Adama, 99 km tenggara Addis Ababa, dapat dimulai sebelum akhir 2019.

Liu mengatakan 85 persen dari dana yang dibutuhkan untuk membangun kawasan industri akan ditanggung melalui pinjaman lunak pemerintah Cina sementara sisanya 15 persen akan berasal dari pemerintah Ethiopia.

"Taman industri yang direncanakan akan fokus pada menarik perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur peralatan," kata Liu,

Sebagai informasi saat ini proyek itu sedang melakukan diskusi untuk pembebasan lahan dan prosedur terkait pembiayaan.

Perlu diketahui, taman ini akan menjadi taman industri kedua di kota Adama, pusat komersial utama di Ethiopia tengah, dengan keuangan dan keahlian Cina.

"Pemerintah Cina dan Ethiopia sangat mementingkan kerja sama mereka di berbagai bidang termasuk dalam pembangunan taman industri, di mana mereka telah mencapai hasil yang bermanfaat," kata Liu mengutip Xinhua.

Taman industri Adama pertama, yang dibangun oleh Perusahaan Konstruksi Teknik Sipil China atau China Civil Engineering Construction Corporation (CCECC) dengan biaya 146 juta dolar, dan diresmikan oleh Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed pada Oktober 2018.

Kawasan taman tersebut memiliki luas 100 hektar lahan, dengan demikian kawasan industri ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja bagi sekitar 25.000 orang Ethiopia dan merupakan bagian dari rencana besar Ethiopia untuk mengubah perekonomian agrarisnya yang sebagian besar menjadi industri pada tahun 2025.

Berita Populer