•   Minggu, 5 April 2020
Pendidikan

Gagal Realisasi, PPK Disdikbud Jombang Targetkan Kain Seragam Gratis Akan Tuntas

( words)
Kain seragam gratis pelajar yang datang sebagian di gedung Tenis Indoor Jombang. (SP/M. Yusuf)


SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Belum dikirimkannya semua kain seragam gratis untuk pelajar oleh rekanan pemenang lelang, diakui oleh Pejabat Pembuat Komiten (PPK) Disdikbud Jombang, Jawa Timur.

Sehingga, program Bupati dan Wakil Bupati Jombang tersebut gagal direalisasikan tepat waktu sesuai jadwal kontrak.

Pejabat Pembuat Komiten (PPK) Disdikbud Jombang, Rendra Kusuma mengatakan, ia menargetkan pengiriman kain seragam nasional maupun seragam olah raga bisa tuntas semua.

"Besok Selasa, (8/10) bisa tuntas semua. Tadi sudah dilakukan pengiriman tapi sebagian. Yang lainnya besok,” katanya, Senin (7/10/2019).

Namun Rendra menjelaskan, bahwa selaku PPK ia masih belum bisa memastikan jumlah kain seragam yang sudah datang, dan berapa jumlah kain yang masih belum dikirim.

”Saya masih belum bisa melakukan pengecekan. Rencananya akan dilakukan pengecekan dengan pihak penyedia untuk jumlahnya,” jelasnya.

Meski pengiriman kain seragam gratis sudah mendapat kepastian, lanjutnya, tetapi pihaknya masih belum bisa memastikan kapan akan dilakukan pembagian ke sekolah-sekolah.

”Untuk pembagiannya masih menunggu uji lab terlebih dahulu. Kalau semua sudah, rencana minggu ini akan dilakukan uji lab,” ujarnya.

Jika dari hasil lab tidak sesuai dengan spek yang sudah ditentukan, maka kain seragam akan dikembalikan kepada pihak penyedia. "Ya kalau tidak sesuai dikembalikan lagi,” tandasnya.

Sedangkan untuk pembayarannya, menurut Rendra mekanismenya yakni, pihak penyedia harus membayarkan denda terlebih dahulu. Baru kemudian bisa dilalukan pembayaran.

”Semisal denda Rp 26 juta, ya itu harus dibayarkan terlebih dahulu. Kemudian kita baru bisa membayarnya,” cetusnya.

Meski pengiriman sudah dilakukan hingga saat ini, tapi denda tetap berjalan. "Karena seragam yang dikirim tidak keseluruhan. Tentu denda masih berjalan sampai pengiriman tuntas,” pungkasnya.(suf)

Berita Populer