Gagal Penuhi Target, Lamongan Finish Diurutan 9 Porprov VI Jatim

SURABAYA PAGI, Lamongan - Kontigen Lamongan dalam Pekan Olahraga (Porprov) VI Jawa Timur, harus puas finish diurutan ke 9 dan gagal penuhi target untuk masuk jajaran 5 besar perolehan medali seperti yang dicanangkan oleh KONI sebelumnya.

Bahkan finish diurutan ke 9 dalam perolehan medali harus diperoleh dengan susah payah oleh para atlet Lamongan, yang dari awal perolehan medali sempat seret, bahkan sehari setelah pertandingan dimulai pernah tidak sampai dapat.

Akhirnya lewat kerja keras, pundi-pundi medali mulai didapat meski tidak secepat daerah lain khususnya daerah yang masuk 10 besar, bahkan rasa pesimispun sempat menghantui warga Lamongan karena perolehan medali tak kunjung bisa merangsek ke 10 besar.

Meski target gagal bisa rangking 5 besar, seperti disampaikan Djanadi, Minggu (14/7/2019), tapi perolehan 13 medali emas, 17 medali perak dan 16 medali perunggu dengan total 46 medali dan 102 poin, cukup disyukuri karena persaingannya cukup berat dan perkembangan atlet semua cabor kekuatannya hampir merata.

Disebutkan oleh Djanadi, KONI Lamongan mengaku cukup bangga dengan perjuangan atlet dan offisial yang tak mengenal lelah untuk mendapatkan medali. Meskipun tidak memenuhi target 5 besar, tapi capaian yang diperoleh atlet harus diapresiasi.

Rangking 9 lanjutnya, sudah capaian yang luar biasa, apalagi persaingan dan kekuatan atlet saat ini hampir berimbang. Dan hasil ini tentunya lebih baik dengan gelaran Porprov V di Banyuwangi, diamana saat itu Lamongan finish diurutan 10 dengan perolehan 7 medali emas, 9 medali perak, serta 18 perunggu total poin 64.

"Memang tidak sesuai target, tapi capaian yang diraih dalam perolehan medali, kontigen mengalami kenaikan, dari sebelumnya memperoleh 64 poin saat Porprov di Banyuwangi, Porprov kali ini poin Lamongan mencapai 102,"ujarnya.

Secara umum atas nama KONI ia mengucapkan syukur dan terima kasih semua pihak atas belangsungnya Porprov ke VI yang lancar dan sukses.
"Kami harus tetap berjuang dan segera melakukan evaluasi,"ungkapnya.

Sementara itu, 46 medali yang didapat dari kontigen Lamongan dari 13 Cabor dari total 44 cabor yang dipertandingkan dalam Porprov VI. Tiga diantaranya penyumbang medali terbanyak, masing-masing Cabor Tarung Derajat yang menyumbang medali paling banyak 8 medali, meliputi 2 medali emas, 2 medali perak dan 4 medali perunggu.

Cabor kedua peyumbang medali banyak adalah cabor Aeromodelling dan Catur, masing-masing menyumbang 6 medali. Aeromodelling mendapatkan 2 medali emas 2, 2 medali perak dan 2 medali perunggu. Untuk cabor menyumbangkan 2 medali emas, 1 medali perak dan 3 medali perunggu.jir