Fahri Hamzah dan Fadli Zon Resmi Dapat Penghargaan

Suasana pemberian penghargaan oleh Jokowi kepada Fahri Hamzah dan Fadli Zon

SURABAYAPAGI.com, Jakarta – Hari ini Presiden Jokowi telah menganugerahkan tanda kehormatan Republik Indonesia terhadap 55 tokoh yang dianggap layak.  Bintang tanda jasa ini diberikan dalam rangka HUT Ke-75 RI.

Anugerah ini diberikan kepada dua mantan wakil ketua DPR RI, Fahri Hamzah dan Fadli Zon, resmi mendapatkan tanda penghormatan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kamis (13/8/2020).  

Pemberian tanda penghormatan itu diberikan di Istana Negara, Jakarta, sekitar pukul 10.00 WIB. Fahri dan Fadli menerima tanda penghormatan "Bintang Mahaputra Nararya." Bintang Mahaputra Naraya merupakan bintang penghargaan sipil tertinggi kepada orang yang dianggap berjasa.  

Acara tersebut juga dihadiri sejumlah tokoh. Salah satunya Wakil Presiden Ma'ruf Amin.  Acara digelar sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat. Jokowi bersama tamu hadirin lainnya tamnpak mengenakan masker dan jagar jarak.

Kriteria pemilihan tokoh-tokoh ini sesuai dengan UU No 20/2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. Tanda kehormatan RI itu terdiri atas Bintang Mahaputra, Bintang Jasa, dan Bintang Penegak Demokrasi. Pemberian ini berdasarkan Keputusan Presiden RI No 51, 52, 53/TK Tahun 2020 tanggal 22 Juni 2020 dan No 79, 80, 81 TK Tahun 2020 tanggal 12 Agustus 2020.

"Memutuskan, menetapkan dan seterusnya, kesatu menganugerahkan tanda jasa medali kepeloporan, tanda kehormatan Bintang Mahaputra, Bintang Jasa, dan Bintang Penegak Demokrasi kepada mereka yang nama dan pangkat jabatannya tersebut dalam lampiran keputusan ini, sebagai penghargaan atas jasa-jasanya sesuai ketentuan syarat khusus dalam rangka memperoleh tanda jasa dan tanda kehormatan," ujar Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto yang dilansir melalui siaran live di channel YouTube Sekretariat Presiden.

Namun, penghargaan yang diberikan kepada Fadli dan Fahri ini sempat menulai pro kontra. Terkait hal itu, Presiden Jokowi bersama Fadli dan Fahri memberikan tanggapan seusai pemberian tanda penghormatam.