Facebook akan Merge Instagram dan Facebook Messenger

SURABAYAPAGI.com – Upaya Facebook dalam menggabungkan system yang memungkinkan pengguna bertukar pesan disemua aplikasi besutannya dalam tahap awal perancangan. Langkah besar tersebut diambil dengan cara mengintegrasikan chat DM Instagram ke Facebook Meseenger.

Para insinyur sedang berupaya kembali membangun fitur chat Instagram menggunakan teknologi Facebook Messenger, mengutip sumber, seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Kamis (8/8). Terobosan ini akan memungkinkan pengguna Instagram berkomunikasi dengan pengguna Messenger.

Untuk membuatnya lebih mudah secara teknis, staf direct-messaging sekarang melapor ke tim Facebook Messenger, ujar sumber tersebut. Tampilan DM Instagram tidak akan berubah tetapi teknologi dasar yang mendukung layanan ini akan berubah.

Tahun lalu, Chief Executive Officer (CEO) Mark Zuckerberg mengumumkan integrasi yang membuat pengguna Instragram, WhatsApp dan Facebook Messenger bisa langsung berkomunikasi.

Zuckerberg mengatakan alasan pengintegrasian ini untuk mempermudah pengguna mengirim pesan di seluruh aplikasi milik Facebook Group. Namun, hal ini akan terealisasi tahun 2020 atau tahun berikutnya.

"Kami benar-benar masih pada tahap awal memikirkan hal ini. Ada banyak lagi yang perlu kami pikirkan sebelum memfinalisasi rencana tersebut," ujar Zuckerberg, seperti dikutip dariMashable.

"Alasan pertama, saya semangat melakukan ini lebih ke end-to-end enkripsi secara default pada produk kami. Orang-orang menggunakan ini di WhatsApp. Saya pikir ini merupakan arah yang harus kami tempuh. Saya pikir ada peluang ... untuk memiliki enkripsi bekerja secara konsisten di semua aplikasi yang kita lakukan."