Eri Janjikan Gedung Pementasan Baru Untuk Para Seniman

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 30 Sep 2020 19:32 WIB

Eri Janjikan Gedung Pementasan Baru Untuk Para Seniman

i

Para seniman dan pelaku seni gruduk posko pemenangan di  Jl. Kutai Surabaya, pada Rabu (30/09). SP/Byta Indrawati.

SURABAYAPAGI, Surabaya - Eri Cahyadi di gruduk oleh para seniman dan pelaku seni di posko pemenangan Jl. Kutai Surabaya, pada Rabu (30/09). Para seniman dan pelaku seni tersebut menceritakan kondisi seniman di Kota Surabaya terkait wadah dan panggung serta branding diri agar seluruh seniman dan pelaku seni Surabaya lebih di kenal.


Eri Cahyadi kemudian memberikan solusi dan meminta para seniman tradisinonal dan kontemporer yang hadir untuk membuat konsep kesenian hingga pemetaan seni pertunjukan yang ada di kota Surabaya.

"Seni sudah kita rencanakan sebenernya  bagaimana seni itu bisa dilaksanakan di kota Surabaya, yang pasti saya berharap anak cucu kita juga tidak putus terkait dengan seni," katanya kepada Surabaya Pagi.

Seperti kesenian ludruk dan ketoprak yang menjadi perhatian Eri Cahyadi, sebab menurutnya dua kesenian tradisi tesebut mampu mengulang memori masa kecilnya. 

"Anak cucu kita lupa dengan seni apa yang ada di kota kita sendiri. Sekarang sudah banyak yang keluar negeri, yang di tiru K-Pop begitu lah. Padahal disini sudah ada, brarti kita harus mengenal seni dan kebudayaan kita dulu," harapnya.

Mantan Kepala BAPPEKO Surabaya ini berjanji bila kedepannya anak-anak Kota Surabaya bisa belajar kesenian dan memberikan fasilitas untuk menghidupi kesenian di Kota Surabaya.

"Bagaimana sekarang itu seni di Surabaya itu bisa hidup, anak-anak bisa melihat. Sehingga pemerintah sebagai fasilitator harus menarik kesenian apa saja dan pemerintah kota yang harus menghidupkan itu," terangnya.

Eri Cahyadi mengungkapkan juga, bahwa konsep Pemerintah Kota adalah membangun gedung pertunjukan seperti THR Mall yang mangkrak pembangunannya saat ini.

"Konsep Lemerintah Kota akan membangun gedung seni yang sebetulnya di THR Mall yang dibangun tahun ini, karena pandemi terhenti dan tahun depan harus dibangun kembali. Sehingga seni ini ada tempat jujukannya. Sehingga akan dipaksa orang untuk melihat seni disana," ungkapnya.

Namun, untuk gedung pertunjukan lainnya, Eri  mengatakan bahwa kesenian bisa dilakukan dimana saja seperti taman maupun panggung terbuka di Balai Pemuda.

Nantinya, Eri juga akan melanjutkan pementasan kesenian yang sempat terhenti disaat belum berubahnya zona demografi di Kota Surabaya.

"Seperti di taman, di balai pemuda, yang akan kita hidupkan. Ada panggung terbuka di balai pemuda yang seperti kita buat acara Pemerintah Kota kemarin dan itu akan kita teruskan," pungkasnya. byt

Baca Juga: Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar Unggul di TPS Eri Cahyadi Mencoblos

 

Baca Juga: Golkar Beri Rekom Eri Cahyadi, Baktiono: Apakah Konsisten?

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU