•   Selasa, 31 Maret 2020
Pendidikan

Enam Cara Jitu Kontrol Pengeluaran

( words)
Ilustrasi Gaji


SURABAYAPAGI.com - Kehabisan uang di akhir bulan tentunya sering menjadi masalah bagi Anda yang sudah harus mengelola penghasilan sendiri. Besarnya biaya hidup sering kali membuat pengeluaran tidak terkendali dan tak jarang penghasilan menjadi selalu kurang. Menghemat pengeluaran bisa menjadi cara untuk mengatasi masalah keuangan Anda. Ada banyak cara menghemat pengeluaran Anda di setiap bulannya.
Berikut cara yang bisa dijalankan untuk membantu mengendalikan dan menghemat pengeluaran seperti dikutip dari Cermati.com, Selasa 23 Oktober 2018:

1. Buatlah catatan anggaran untuk sebulan ke depan
Menghemat pengeluaran bisa Anda lakukan dengan membuat anggaran di awal bulan. Tujuan membuat anggaran adalah agar Anda bisa fokus pada pemenuhan kebutuhan yang telah ditetapkan di awal.
Dengan demikian, pengeluaran Anda akan lebih terkontrol dan mendukung Anda dalam menghemat sepanjang bulan.
Untuk membuat anggaran, Anda bisa mulai dengan menentukan nominal yang ditetapkan selama satu bulan. Lalu, catat segala kebutuhan Anda selama sebulan beserta dengan perkiraan nominalnya.
2. Prioritaskan kebutuhan, bukan sekadar keinginan saja
Setelah membuat anggaran, Anda harus mencatat berbagai kebutuhan selama sebulan dalam daftar anggaran. Dengan dana yang telah ditetapkan di awal, Anda akan lebih terarah memilih kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan.
Ingatlah bahwa Anda sedang menghemat pengeluaran, maka prioritaskan barang yang benar-benar dibutuhkan, bukan hanya sekadar keinginan.
Anda bisa mengutamakan kebutuhan yang berkelanjutan seperti cicilan rumah ataupun uang sewa tempat tinggal, kebutuhan pangan, transportasi, dan hal penting lainnya.
Sebaiknya hindari berbagai keinginan belaka, seperti keinginan untuk kongko, belanja barang-barang bermerek, keperluan hobi yang berlebihan, dan lainnya.
3. Jalani gaya hidup sehat meski sederhana
Gaya hidup sehat bisa menjadi pilihan Anda untuk menghemat pengeluaran bulanan. Menjalani gaya hidup sehat bisa membantu Anda untuk mengurangi berbagai biaya pada pos-pos pengeluaran. Anda bisa memulai kebiasaan memasak sendiri, membawa bekal sendiri ke mana-mana, berolahraga.
Kebiasaan memasak sendiri tentunya akan jauh lebih hemat daripada membeli makanan dari luar. Dengan masak sendiri, Anda juga akan lebih sehat karena makanan merupakan hasil olahan sendiri dan lebih terjamin.
Selain itu, hindari makanan cepat saji ataupun junkfood yang harganya biasanya cukup merogoh kocek dan juga tidak menyehatkan bagi tubuh Anda.
Gaya hidup sehat lainnya yang bisa membantu menghemat pengeluaran Anda adalah dengan berpuasa rutin. Berpuasa tentunya mengurangi pengeluaran makan Anda, dan juga baik bagi pencernaan tubuh.
4. Manfaatkan barang-barang yang ada
Demi menghemat, manfaatkanlah barang-barang yang ada di sekitar Anda demi meminimalisir keperluan baru yang tentunya akan menambah pengeluaran Anda.
Misalnya, mendaur ulang barang-barang bekas untuk dijadikan sebuah barang layak pakai, seperti memanfaatkan kaleng ataupun botol bekas untuk media penyimpanan barang atau bahan makanan.
Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan di dapur sebagai pengganti perawatan tubuh rutin Anda. Misalnya memanfaatkan wortel dan tomat sebagai masker wajah, atau memanfaatkan lemon dan kulit buah sebagai pembersih.
5. Kurangi biaya transportasi
Anda juga bisa menghemat pengeluaran bulanan dengan mengubah kebiasaan Anda dalam berkendara. Jika biasanya Anda menaiki kendaraan sendiri, tentunya akan lebih banyak mengeluarkan biaya.
Mulai sekarang Anda bisa menghemat biaya transportasi dengan sesekali menggunakan transportasi umum ataupun jalan kaki untuk mencapai tempat-tempat yang terjangkau dan jaraknya dekat.
Alternatif lain, pertimbangkan menggunakan kendaraan yang tidak membutuhkan biaya banyak seperti sepeda. Dengan cara demikian, Anda bukan hanya menghemat pengeluaran, tetapi juga menjalani hidup sehat dan ramah lingkungan.
6. Kumpulkan, jangan remehkan uang receh
Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Anda tentunya sering menerima uang koin ataupun uang receh sebagai kembalian saat berbelanja. Sebaiknya, kumpulkan dalam sebuah wadah sebagai tabungan kecil Anda.
Jangan remehkan uang koin tersebut. Jika sudah lama mengumpulkannya, tentu jumlahnya akan semakin besar, dan bisa bermanfaat bagi Anda di hari depan. Jadi, mulai sekarang, jangan sia-siakan uang koin Anda.

Berita Populer