Eks-Manajer Timnas Andi Positif Covid-19

SURABAYA PAGI, Jakarta - Andi Darussalam Tabussala yang juga mantan Ketua Badan Liga Indonesia itu menyebutkan hasil pemeriksaan dokter itu keluar pada Selasa, 7 April 2020. Mantan Manajer Timnas Indonesia tersebut dinyatakan positif virus corona "Saya diperiksa pada 6 April oleh dokter," kata dia, Rabu, 8 April 2020.

Andi bercerita pada tanggal 3 April, dirinya mengalami demam yang tinggi. Keesokan hari, kata dia karena suhu tubuhnya tetap tinggi, pihak keluarga membawanya ke Rumah Sakit Wahidin yang merupakan RS rujukan Covid-19. "Dirawat sampai tanggal 5, pas tanggal 6 itu dilakukan pemeriksaan" ujar dia.

Pria berusia 69 ini mengaku tidak mengetahui alasan pasti dirinya bisa terjangkit virus yang menyerang organ pernapasan itu. Padahal, dirinya telah melakukan karantina mandiri secara ketat. "Saya ini sudah isolasi di rumah, malah jauh hari sebelum pemerintah memberikan himbauan," ucap dia.

Andi pun menuturkan alasan melakukan karantina diri lebih awal karena telah melakukan transplantasi ginjal sejak tiga tahun silam. "Saya ini jaga diri baik sekali sebenarnya, karena kan sakit ginjal ini riskan kalau sampai positif," kata dia.

Meski telah dinyatakan positif virus corona, mantan Wakil Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) ini optimistis bisa sembuh. Ia menjadikan mantan Rektor Universitas Hasanuddin, Idrus Patturus,i yang bisa sembuh dari virus Covid-19 sebagai penyemangat.

"Saya sering komunikasi juga dengan Prof Idrus karena keluarga, mudahan-mudahan bisa sembuh," ujar Ipar dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ini.