Duta Besar Tiongkok Dukung Portugal Dalam Memerangi COVID-19

SURABAYA PAGI.com, Beijing - China akan terus mendukung Portugal dalam perang melawan pandemi COVID-19, kata Duta Besar Tiongkok untuk Portugal Cai Run, Senin.

"China telah secara aktif mendukung pihak Portugis dan Eropa dalam memerangi pandemi dengan menyediakan bahan-bahan yang relevan dan memfasilitasi pengadaan bahan-bahan pencegahan di Cina," kata duta besar itu dalam wawancara dengan televisi nasional Portugal, RTP.

Dia mengungkapkan bahwa menurut statistik awal hingga saat ini, sumbangan dari Tiongkok yang telah tiba atau tiba di Portugal termasuk 632.000 masker medis, 135.000 masker N95, 102.000 pasang sarung tangan medis, 6.450 jas pelindung, 3.500 kacamata, 3.500 kacamata, 5.000 kit uji asam nukleat, dan lebih dari 100 ventilator, antara lain.

Sumbangan itu dibuat oleh pemerintah provinsi dan kota China, perusahaan Cina yang beroperasi di Portugal dan komunitas Cina di Portugal, kata duta besar tersebut.

Dia mengatakan kepada RTP bahwa China juga telah berbagi pengalamannya dalam mencegah, menguji dan mengobati COVID-19 dan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus corona novel, berjanji bahwa China akan terus dengan dukungannya.

"Pihak Cina akan terus memberikan sumbangan lebih banyak, dan pada saat yang sama, menawarkan bantuan kepada pihak Portugis dalam pembelian bahan-bahan ini di China," kata Cai.

Duta Besar juga menyatakan apresiasinya terhadap solidaritas dan mendukung pemerintah Portugis dan orang-orang telah menawarkan kepada China selama perjuangan kritisnya melawan pandemi.

Upaya bersama dalam memerangi COVID-19 oleh kedua negara akan "memperdalam kemitraan strategis komprehensif Tiongkok-Portugis serta persahabatan dan rasa saling percaya antara kedua bangsa," katanya.

Hingga saat ini, Portugal telah mendaftarkan 11.730 COVID-19 kasus dan 311 kematian, menurut Direktorat Jenderal Kesehatan.(Xnh/cgtn/cr-02/dsy)