•   Kamis, 2 April 2020
Peristiwa Nasional

Dua Toko di Blitar Hangus Terbakar

( words)
Kebakaran menghanguskan dua toko di Blitar.


SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Kebakaran terjadi di kawasan pasar Lodoyo, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar Jumat (27/12/2019). Peristiwa tersebut menghanguskan dua toko yang berada di kawasan itu. Kebakaran yang terjadi di duga akibat korsleting listrik.

Kebakaran itu menimpa toko bantal dan kasur milik Yati Pawiro (77) warga setempat, dan toko aksesoris handphone milik Eva Flora (39) warga Kabupaten Sidoarjo. Titik api pertama kali muncul dari toko Yati yang berisi bantal, dan kasur. Kejadian sekitar 08.30 WIB.

Kronologis kebakaran berawal saat tetangga toko naik ke atas loteng dengan maksud akan memandikan burung peliharaannya. Pada saat berada di atas loteng tersebut, saksi melihat kamar milik Yati Pawiro sudah dalam keadaan terbakar.

Mengetahui hal tersebut, saksi langsung turun dan berlari menuju arah sumber api dan memberitahu pemilik toko sambil berusaha membuka pintu gudang.

"Karena besarnya kobaran api saksi dan warga sekitar tidak bisa memadamkannya. Untuk meminimalkan kerugian saksi dan warga berusaha mengeluarkan barang-barang yang masih bisa diselamatkan," terang Kapolsek Lodoyo Timur, AKP Imam Subechi.

Sambil menyelamatkan barang-barang, warga kemudian menghubungi petugas pemadam kebakaran. Warga sempat mencoba memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, amukan si jago merah terlanjur tak bisa dihentikan hingga pemadam kebakaran Pemkab Blitar tiba di lokasi kejadian.

"Api diperkirakan berasal dari korsleting listrik yang berada di atas kamar yang berisi kapuk. Karena barang - barang yang berada di gudang terdiri dari barang yang mudah terbakar serta bangunan tua sehingga api dengan cepat membakar habis isi gudang dan rumah yang ada," imbuhnya.

Akibat kebakaran ini kerugian dari pemilik bangunan Yati Pawiro diperkirakan mencapai Rp 250 juta. Sementara penyewa ruko Eva Flora, diperkirakan mengalami sebesar Rp 100 juta karena barang dagangannya hangus terbakar.

Berita Populer