•   Sabtu, 4 April 2020
PERISTIWA

Dua Pohon Tumbang di Kota Yogyakarta

( words)
Ilustrasi pohon tumbang


SURABAYAPAGI.com - Hujan disertai angin kencang melanda sebagian wilayah Kota Yogyakarta, Selasa (30/1/2018) pagi. Hujan selama leboih kurang 45 menit ini mengakibatkanya pohon tumbang.

Pohon tumbang terjadi diantaranya di Jalan Tamansiswa, Kecamatan Mergangsan dan di Kecamatan Wirobrajan Kota Yogyakarta. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu.

"Ada dua pohon (tumbang) informasinya jenis Angsana," kata Plt Kepala BPBD Kota Yogyakarta, Agus Winarto.

Agus menerangkan, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini. Namun akibat pohon tumbang tersebut di Jalan Tamansiswa sempat menimbulkan kemacetan sesaat. Hal itu disebabkan pohon tumbang menutup sebagian jalan.

Pohon tumbang di Jalan Taman Siswa merupakan pohon perindang yang ada dipinggir jalan yang ditanam menggunakan buis beton.

"Pohon tumbang ini ya karena angin ini tadi. Ya mungkin penanamannya kurang dalam bisa. Kalau yang di kompleks SMA 1 (Yogyakarta) sepertinya keropos," paparnya.

"Pohon yang tumbang tadi kecil kok ukurannya. Hanya sempat menutup separuh jalan saja. Sekarang sudah ditangani, lima menit sudah bersih," lanjutnya.

Agus mengimbau agar masyarakat Kota Yogyakarta tetap waspada. Sebab, menurutnya hujan disertai angin kencang akan tetap berlangsung sampai pertengahan Februari mendatang.

"Mohon kewaspadaannya di lingkungan masing-masing. Kalau ada pohon-pohon yang membahayakan segera dilaporkan ke kami. Kita bantu untuk mengkondisikan supaya tidak membahayakan," jabarnya.

"Kedua ketika terjadi hujan atau angin mohon apabila yang sedang berkendara dan sebagainya cari aman dulu lah. Kita juga tidak tahu walaupun pohon itu kecil seperti di Tamansiswa nyatanya bisa (roboh)," pungkasnya.

Saat ini pohon tumbang tersebut sudah dipotong oleh petugas. Batang dan dahan yang sudah dipotong telah disingkirkan. Arus kendaraan juga sudah kembali normal dan tidak terhambat. (dt/cr)

Berita Populer