DPRD: Khofifah Kerja Luar Biasa Tangani Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 12 Nov 2020 22:09 WIB

DPRD: Khofifah Kerja Luar Biasa Tangani Covid-19

i

Presiden Jokowi usai menyematkan penghargaan Bintang Mahaputra untuk Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, di Istana Negara, Rabu (11/11/2020). SP/humas pemprov jatim

 

Khofifah Terima Bintang Mahaputra dari Kepala Negara

Baca Juga: Sidang Perdana Sengketa Pemilu, Rabu Pon

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa baru saja menerima penghargaan Tanda Jasa Bintang Mahaputra dari Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo. Seluruh elemen di Pemerintah Jawa Timur menyambut baik prestasi tersebut tapi tetap meminta Gubernur perempuan pertama ini semakin inovatif dan totalitas untuk rakyat Jawa Timur. 

Hj Anik Maslachah Wakil Ketua DPRD Jawa Timur langsung mengucapkan selamat  kepada Gubernur Khofifah atas penganugeraan tanda jasa atas pengabdiannya menjadi Menteri sosial 2014-2018 lalu. Politisi PKB ini berharap sosok Gubernur Khofifah bisa menginspirasi dan menotivasi seluruh masyarakat Jawa Timur. Utamanya para pejabat baik sipil maupun militer. Karena Penghargaan itu membuktikan dedikasinya yang luar biasa pada bangsa dan negara, sehingga layak mendapatkan bintang sipil tertinggi. "Kami melihat ketika menjadi gubernur jatim pun hal itu masih melekat, beliau tak kenal waktu untuk bekerja dan mengabdi membawa jatim lebih baik," ungkap Anik Maslachah, Kamis (12/11/2020).

Kinerja luar biasa itu  terlihat pada kinerja Gubernur dalam menekan positif rate pandemi covid-19 akhir akhir ini. Sehingga mendapat penghargaan presiden tatkala hari Jadi Jatim 12 Oktober 2020 lalu  sebagai propinsi tercepat dalam penyelesaian covid-19. Kemudian upayanya mengurangi kemiskinan di desa hingga membangkitkan perekonomian akibat pandemi dengan mengembalikan kontraksi pertumbuhan ekonomi yang sempat menurun di Oktober kemarin sampai -5,9% menjadi hari ini -3,6%. "Selama ini Jatim juga tetap kondusif, aman dan tertib. Ini menunjukkan keberhasilan-keberhasilan gubernur Jatim," terang anggota DPRD Jatim 3 periode ini.

Namun meski begitu, menurut Anik tetap ada hal-hal yang harus diselesaikan sesuai dengan janjinya dalam pilkada yang terwadahi dalam RPJMD Jatim. Diantaranya menyelesaikan pendidikan Gratis dan Berkuatlitas (Tis-Tas). Dimana masih ada keluhan biaya sekolah mahal dan  kesejahteraaan guru sma/smk hilang sejak tahun 2016 ketika  menjadi kewenangan propinsi. Kemudian disparitas antar wilayah masih tinggi dan kesiapan lapangan kerja dalam mengantisipasi bonus demografi. Serta menyelesaikan persoalan-persoalan PHK yang dilakukan sewenang-wenang oleh pihak pengusaha akibat covid 19. "Kami di DPRD siap bekerja sama untuk kepentingan rakyat guna mendukung program untuk kesejahteraan masyarakat Jawa Timur," pungkasnya.

Senada, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim Sri Subiati memberikan apresiasnya kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa atas Bintang Mahaputra sebagai Tanda Jasa atas pengabdian kepada bangsa dan negara. Hal ini sudah tentu menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Jawa Timur memiliki seorang pemimpin seperti Gubernur Khofifah. "Terbukti, atas pengalaman dan totalitas beliau memimpina di level Nasional kemudian memimpin Jawa Timur, sangat terasa perkembangannya," jelas politisi yang akrab disapa Bu Anti ini.

Selain itu, bila di kaitkan dengan  kinerja di Jawa Timur, Anti melihat bahwa penghargaan itu bakal menjadi pemacu Gubernur Khofifah beserta Wakil Gubernur Emil Dardak dan seluruh perangkat Pemprov Jatim bekerja lebih baik lagi untuk Jawa Timur. "Selama ini kami melihat kinerja Pemprov dibawah kepemimpinan Gubernur sudah on the track, sekarang sudah bagus dan kami berharap ke depan lebih bagus lagi," ucap Bendahara DPD Partai DEmokrat Jatim ini.

Baca Juga: Khofifah Jeli Amati Video Hoaks Gempa di Tuban

Sementara itu, Pranaya Yudha Mahardika, Anggota DPRD Jatim dari Fraksi Partai Golkar mengaku cukup bangga dengan diraihnya penghargaan sekelas Bintang Mahaputra oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah. Ia menilai penghargaan tersebut tentunya diraih berdasarkan berbagai kriteria dan syarat khusus. "Ibu Gubernur dengan berbagai upaya sudah berperan aktif dalam penanganan covid19, dan juga berupaya maksimal dalam penyaluran berbagai bantuan kepada berbagai elemen masyarakat sangat layak menerima penghargaan dari bangsa ini," ujar politisi yang akrab disapa Yudha ini.

Ia berharap, penghargaan tersebut menjadi landasan untuk meningkatkan lagi untuk mengabdi kepada masyarakat Jawa Timur. Khususya dalam hal pelayanan publik serta kebijakan ekonomi yang pro poor, pro job dan pro growth. "Kami berharap agar Gubernur dan seluruh elemen di Pemprov Jatim berupaya lebih maksimal lagi untuk program-program percepatan pemulihan ekonomi agar tidak terjerumus dalam jurang resesi," pintanya.

Yudha menilai, dalam kepemimpinan Gubernur Khofifah ini Jawa Timur memiliki inovasi program-program yang dapat secara signifikan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan pesat. Dengan didukung pada perbaikan struktur kinerja OPD-OPD yang kurang optimal dalam serapan maupun inovasi program sangat perlu dilakukan. "Semoga dengan penghargaan dari Presiden tersebut, Gubernur Khofifah dapat membawa masyarakat Jatim lebih sejahtera lagi," pungkas Ketua AMPI Jatim ini.

 

Khofifah Bangga

Baca Juga: Pilgub Jatim 2024, TKD Prabowo-Gibran Jadi Timses Khofifah

Terpisah, Khofifah usai menerima penghargaan dari Presiden Jokowi, memiliki motivasi untuk membangun Jawa Timur lebih “Cettar”. “Jatim harus semakin ‘Cettar’. Yaitu cepat, efektif dan efesien, tanggap, transparan, akuntabel dan responsif,” tegas Khofifah.

Khofifah Indar Parawansa mengatakan, penghargaan ini sangat berharga bagi putera bangsa yang dianugerahkan oleh negara. "Apa yang saya lakukan dan dharma baktikan untuk masyarakat, bangsa dan negara selama ini semata-mata bentuk bakti saya untuk membawa perubahan menuju kebaikan, meskipun itu kecil,” ujar dia.

Khofifah mengaku bangga atas apresiasi dari Presiden, mengingat penghargaan Bintang Mahaputera Utama merupakan tanda jasa yang diberikan kepada orang tertentu dengan sejumlah persyaratan khusus.

"Alhamdulillah. Terima kasih, tanda penghargaan ini untuk seluruh rakyat Jatim dan keluarga besar Kementerian Sosial, di mana saya pernah mengabdi. Insya Allah ke depan bangun Jatim yang lebih baik,” katanya. rko/arf/cr1/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU