Dosen Ubaya Rancang Media Pembelajaran Baru di Era 4.0

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 07 Jan 2021 15:19 WIB

Dosen Ubaya Rancang Media Pembelajaran Baru di Era 4.0

i

Dosen Fakultas Psikologi Ubaya,Listyo Yuwanto, S.Psi.SP/ MOCHAMMAD KASYFI FAHMI   

 

SURABAYAPAGI, Surabaya - Universitas Surabaya (Ubaya) bentuk media pembelajaran mitigasi bencana lewat Augmented Reality (AR) Learning & Information System (LIS) Volcano. AR LIS Volcano merupakan salah satu bentuk media pembelajaran pendidikan bencana erupsi gunung berapi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi di era 4.0 yang dirancang oleh Listyo Yuwanto, S.Psi. Kamis (07/01/2021.

Baca Juga: Sambut Musim Penghujan, Gubernur Khofifah Konsisten Bangun Mitigasi dan Kesiapsiagaan Darurat Bencana Hidrometeorologi di Jatim

Dosen Fakultas Psikologi Ubaya itu mengatakan jika fokus dalam menghadapi bencana erupsi gunung berapi adalah mitigasi bencana struktural dan non struktural. Itu adalah upaya yang dilakukan untuk mencegah atau mengurangi resiko dari bencana.

Pendidikan bencana sebagai bentuk mitigasi non struktural dapat dimanfaatkan dengan teknologi. Salah satu media pembelajaran di era 4.0 yang dapat digunakan adalah augmented reality. 

Augmented reality merupakan sarana pengalaman interaksi antara lingkungan asli dan buatan yang dihadirkan melalui media teknologi. Sehingga memungkinkan interaksi antara media dan individu dengan menggunakan sensori visual, auditori, sentuhan, maupun penciuman. 

“Pembelajaran tentang bencana erupsi gunung berapi sebagai pendidikan bencana juga dapat ditempuh melalui teknologi augmented reality. Augmented Reality Learning Information System Volcano atau lebih dikenal dengan sebutan AR LIS Volcano dirancang sebagai media pembelajaran pendidikan bencana erupsi gunung berapi. Program ini dapat dijalankan menggunakan smartphone atau komputer dengan operational system (OS) berbasis Android dan sedang dikembangkan untuk iOS,” papar Listyo Yuwanto, S.Psi.

Baca Juga: Jelang Musim Penghujan, Pemprov Jatim Lakukan Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana Banjir

 Terdapat berbagai fitur menu dalam AR LIS Volcano yang bisa dimanfaatkan. Saah satunya pendahuluan, mitigasi, pasca erupsi dan bantuan. Pada menu pendahuluan, pengguna akan mendapatkan informasi dasar mengenai gunung berapi di Indonesia.

 Dalam aplikasi ini, pengguna memperoleh wawasan dari video Indonesia The Ring of Fire yang menggambarkan sebaran gunung berapi di Indonesia, dampak negatif erupsi gunung berapi, status dan material gunung berapi yang ditampilkan melalui simulasi objek 3D. Menu selanjutnya yaitu mitigasi yang berisi panduan atau simulasi jika terjadi bencana gunung berapi.

“Dalam menghadapi bencana erupsi gunung berapi terdapat beberapa langkah yang dilakukan atau biasa disebut mitigasi. Tahapan atau langkah ini ditampilkan dalam bentuk simulasi objek 3D seperti menyiapkan tas siaga bencana, penggunaan perlengkapan pelindung diri dan proses evakuasi,” ujarnya.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Siap Siaga Atasi Bencana Alam di Jatim

 Uniknya, aplikasi ini dirancang dalam bentuk permainan disertai dengan penjelasan dan simulasi objek 3D yang membantu pengguna lebih mudah dalam mempelajari bencana erupsi gunung berapi tanpa harus pergi ke lokasi pegunungan. Listyo Yuwanto menjelaskan bahwa media pembelajaran ini sudah pernah dicoba dan diterapkan oleh guru-guru di beberapa sekolah Taman Kanak-Kanak (TKK) dan Sekolah Dasar (SD) di Jawa Timur. 

“Semoga tidak hanya siswa saja tetapi masyarakat luas dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan baik sebagai upaya dalam menambah wawasan mitigasi bencana erupsi gunung berapi. Saya harap aplikasi AR LIS Volcano bisa menjadi solusi pembelajaran ketika pandemi seperti ini,” pungkasnya. mbi

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU