•   Rabu, 29 Januari 2020
Skandal Selebriti

Dinikahi Siri 3 Tahun, Shinta Bachir Sempat Konflik dengan Jenderal Bintang 3

( words)
Shinta Bachir


Menyingkap Skandal Jenderal Polri dengan Artis (2)

Selain pedangdut Sisca Dewi dengan Irjen BS, masih ada artis lain yang pernah berskandal dengan jenderal Polri. Sebut saja Shinta Bachir. Bahkan, artis kelahiran Wonosobo 33 tahun silam ini terang-terangan mengaku pernah dinikahi secara siri (tak tercatat di KUA) oleh jenderal polisi. Namun rumah tangganya itu hanya bertahan sekitar tiga tahun. Namun hingga detik ini, siapa nama jenderal polisi itu tak pernah dibeber. Meski begitu, artis yang pernah membintangi filmSuster Keramas danPulau Hantu 3 itu pernah terlibat perseteruan dengan jenderal bintang tiga yang kini telah pensiun, yakni Komjen (Purn) Makbul Padmanegara.
----------

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya -Bagi masyarakat pecinta gossip artis, tentu tidak asing dengan Shinta Bachir. Ia memulai kariernya di dunia hiburan sejak 2009 silam. Sepanjang masa karirnya, dia telah memainkan banyak judul sinetron dan film, di antaranya Dendam dariKuburan (2012) danKawin Kontrak 3 (2013). Bahkan, aktris bertubuh aduhai ini sempat mengeluarkansingle berjudul “Aku Galau”.

Baru-baru ini, wanita kelahiran 7 Februari 1986 itu tengah ramai jadi perbincangan publik. Pasalnya, Shinta Bachir membatalkan pernikahannya dengan Idham Masse, anggota DPRD Sidrap. Padahal, pria ini telah melamarnya. Belum reda kabar ini, Shinta Bachir kembali membuat heboh lantaran tiba-tiba saja ia melepas hijabnya bertepatan momen perayaan ulang tahunnya ke-33, Februari 2019 lalu.

Ini yang membuat perjalanan cintanya tidak biasa dan menjadi kontroversial. Belum lagi gaya hidup glamournya. Dan yang paling menghebohkan, pengakuan Shinta Bachir yang dinikahi jenderal polisi.

Pernikahan selama tiga tahun itu diakui Shinta Bachir secara terbuka dalam acara Hotman Paris Show, Oktober 2018. "Dari proses kenal sampai pisah itu 3 tahun," ujar Shinta Bachir mengawali kisah cinta masa lalunya itu kepada Hotman Paris, advokat tajir melintir ini.

Shinta Bachir menceritakan perwira tinggi polisi itu meminangnya sebagai istri lewat pernikahan siri. Dia sendiri mengaku dinikahkan langsung ayahnya yang sengaja datang ke Jakarta. "Bapak saya dari kampung dipanggil ke Jakarta dan beliau pun pernah datang ke kampung saya," kata Shinta Bachir kala itu.

Sebelum menerima lamaran menikah siri, Shinta Bachir mengaku sempat menjalani proses pacaran selama enam bulan. Di saat itu, Shinta mengaku tak mengetahui jika sosok pria yang mendekatinya adalah seorang perwira tinggi polisi dan sudah memiliki istri serta anak. "Kan dulu saya lugu. Saya bisa seperti sekarang ini jadi kayak sekarang juga support karena beliau. Beliau adalah orang paling baik," tutur dia.

Menurut Shinta, keputusan untuk menjadi istri siri diambilnya bukan karena alasan materi. Dia rela menjadi istri kedua karena merasa suaminya kala itu bisa memberikan kenyamanan.

Seiring waktu berjalan, Shinta mengaku keinginan untuk mendapat pengakuan sebagai istri sah mulai muncul. Hal itu muncul di tahun kedua pernikahan siri mereka.

Dari pengalamannya sebagai istri siri, Shinta berjanji takkan lagi mau menerima pinangan menjadi istri kedua atau ketiga dari seorang pria. "Saya pernah merasakan bagaimana jam 12 malam itu dia harus pulang sedangkan saya lagi pengin sama dia," katanya.

Meski menyembunyikan siapa jenderal polisi yang menikahinya secara siri, namun Shinta Bachir sempat berkonflik dengan Komjen (Purn) Makbul Padmanegara. Diketahui, Makbul pernah menjabat sebagai Wakapolri pada Desember 2006, menggantikan Komjen Pol (Purn) Adang Daradjatun. Sebelum menjadi Wakapolri, Makbul pernah menjabat Wakapolda Metro Jaya pada tahun 2001, kemudian dipromosikan menjadi Kapolda Metro Jaya pada 24 Desember 2001.

Konflik itu berawal dari pemberitaan di salah satu tabloid hiburan berjudul "Misteri Pengakuan Shinta Bachir". Disebutkan, jika artis asal Wonosobo ini mengaku diteror hendak dibunuh oleh seorang purnawirawan jenderal polisi bintang tiga yang disebutnya sebagai mantan Kapolda Metro Jaya.

Namun, Makbul membantah keras tudingan di satu tabloid, bahwa pelaku teror terhadap Shinta Bachir adalah jenderal bintang tiga, yang mantan Kapolda Metro Jaya dan lulusan Akabri Kepolisan tahun 1974. Padahal satu-satunya mantan kapolda berbintang tiga angkatan 1974 adalah Makbul Padmanegara.

Bahkan, Makbul kala itu akan menempuh jalur hukum terhadap Shinta Bachir, jika tidak juga meminta maaf atas isi pemberitaannya di media massa. Sebab isi pemberitaan tersebut telah membuat keluarga Makbul merasa dikorbankan. “Kami akan tempuh jalur hukum. Negara kita kan negara hukum, jadi semua harus taat pada hukum yang berlaku,” ucap Alfons Loemau, yang kala itu kuasa hukum Komjen (Purn) Makbul Padmanegara.

Menurut Alfons, jika Shinta tidak merasa memberikan keterangan di media, seharusnya langsung diluruskan. Sebab, katanya lagi, sampai saat ini tidak ada klarifikasi terkait isi pemberitaan tersebut. “Mau dipublikasikan, tapi jangan korbankan orang lain, dong. Ini kan sangat merugikan klien kami dan membuat keluarga tercemar nama baiknya,” tegasnya.

Namun Shinta Bachir merasa tak harus meminta maaf kepada Makbul. Sebab, ia merasa tak bersalah. Bahkan ia berani membuktikan kalau ucapannya di tabloid hiburan itu tidak benar. “Rekaman wawancaranya itu kan ada, coba saja diputar ulang,” tegasnya.

Kembali ke soal masa depannya, Shinta Bachir tak mau menutup kemungkinan dirinya akan dipersunting lelaki, suatu hari nanti. Namum sebagai janda satu anak, ia punya persyaratan khusus. Tak muluk-muluk, Shinta Bachir ingin lelaki yang mendekatinya kelak dekat dengan sang buah hati. Maklum, anak semata wayangnya itu merupakan prioritas utama.

"Kemarin kan ada sempat cowok deket. Harus deket dulu sama anak. Kalau nggak bisa ya sudah, saya menikmati dengan kesendiriannya," ujar Shinta Bachir saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, September 2019 lalu.

Tak kalah penting, lelaki itu juga harus layak menjadi imam untuk Shinta Bachir. Rupanya, agama juga menjadi hal yang krusial bagi artis sensasional tersebut. "Ya nyari yang sayang sama anak saya. Se-agama. Pastinya yang terbaik lah untuk saya dan anak saya," pungkas Shinta Bachir.n

Berita Populer