Dinas Pertanian Ngawi Wujudkan Kedaulatan Pangan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 24 Nov 2020 13:09 WIB

Dinas Pertanian Ngawi Wujudkan Kedaulatan Pangan

i

Kegiatan pertanian di Kabupaten Ngawi. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Ngawi - Dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi membuat berbagai program kegiatan pembangunan pertanian diarahkan untuk meningkatkan produksi pertanian, Selasa (24/11/2020).

Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian Ngawi Amirudin mengatakan bahwa minimnya buruh tani musiman sebagai tenaga  panen di Ngawi mendorong petani mengoptimalkan pengunaan alat mesin pertanian untuk mendukung kegiatan panen.

Baca Juga: Sungai Meluap, 30 Rumah Warga Ngawi Terendam Banjir

“Kekurangan tenaga panen membuat alsintan sangat dibutuhkan untuk mengatasi kendala petani di lapangan segera teratasi. Mekanisasi pertanian dengan alsintan bertujuan mewujudkan pertanian maju, mandiri dan modern, hingga mampu bekerja cepat, efektif dan efisien,” ungkap Amirudin.

Melalui surat yang dikeluarkan tanggal 25 Agustus 2020 dengan nomor 005/-/404.110/2020, Dinas Pertanian emberikan bantuan alat pertanian (alsintan) untuk kelompok tani (poktan) berupa  bantuan combine dan tleser guna mempercepat pengambilan hasil panen.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Terus Dongkrak Produktivitas Pertanian di Dalam Kota

Menurut Amirudin, pembinaan pemanfaatan alsintan dilaksanakan melalui monitoring dan evaluasi agar bantuan dapat berdaya guna dan berhasil guna. “Jadi, diperlukan pengawalan terhadap Kelompok tani atau gapoktan atau UPJA,” imbuhnya.

Dinas Pertanian berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan petani untuk peningkatan produksi tanaman padi dalam rangka meningkatkan produksi pangan di Ngawi. Dsy14

Baca Juga: Pedagang Sayur Tewas Tertabrak KA di Ngawi

 

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU