•   Minggu, 15 Desember 2019
Peristiwa Politik

Dian Sastro dan Emil Dardak Masuk Bursa Menteri Milenial

( words)
Dian Sastro


SURABAYAPAGI.com - Arus Survei Indonesia merilis 10 figur menteri milenial yang berasal dari kalangan profesional. Hasilnya, muncul nama artis Dian Sastrowardoyo sebagai salah satu kandidat yang dianggap mampu menjadi menteri muda potensial dalam kabinet Jokowi jilid kedua. Menariknya, Wagub Jatim Emil Dardak juga masuk bursa menteri Jokowi dari kalangan milenial. Ini cukup mengejutkan mengingat banyak tokoh muda top lainnya seperti bos Go Jek Nadiem Makariem dan bos Bukalapak Achmad Zaky,.

"Skor dari penilaian kami, nama Dian Sastro muncul bersama sembilan sosok lainnya, seperti Emil Dardak, Nadiem Makariem, Achmad Zaky, Witjaksono, Inayah Wahid, Ferry Unardi, Gibran Rakabuming, Wiliam Tanuwijaya, dan Sunanto," kata Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif’an dalam jumpa pers di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (21/7/2019).

Ali menyebutkan, barometer dari 10 sosok figur menteri milenial profesional ini didapat dari lima alasan. Pertama, dari integritas dan rekam jejak, kedua kompetensi dan kapabilitas, ketiga inovasi dan kreativitas, empat komunikasi publik dan pengaruh sosial, terakhir ialah aspek manajerial dan kepemimpinan.

"Lewat lima aspek itu Dian Sastro mendapat penilaian sebesar 70,36, di bawah Inayah Wahid (70,58) dan di atas Ferry Unardi CEO Traveloka (68,28)," terang dia.

Sebagai catatan, sumber penilaian Arus Survei Indonesia merilis figur menteri milenial ini berasal dari tiga tingkatan, pertama masuk dalam radar survei pakar/public opinion makers Arus Survei Indonesia dalam rentang waktu 26 Februari - 12 Maret 2019.

Kedua, hasil analisis media periode April - Juli 2019, dan ketiga, analisis peluang ahli. "Total jumlah juri pakar dalam riset ini adalah 110 pakar/public opinion makers. Terdiri dari 10 kategori, akademisi, jurnalis, pengamat, parpol, ormas, pengusaha muda, aktivis, budayawan, profesional, dan praktisi pemerintahan," ucap Ali.

Image
10 Politikus
Selain itu, Arus Survei Indonesia merilis 10 nama politikus milenial yang berpotensi menjadi calon menteri Jokowi. Nama politikus tersebut diurutkan dengan penilaian kualitatif. Sepuluh nama politikus yang berpotensi menjadi menteri Jokowi secara berurutan adalah Komandan Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (70,06), Ketum PSI Grace Natalie (68,62).

Selain itu, Wakil Gubernur Jateng dan politisi PPP Taj Yasin Maimoen (68,51), Ketum PKPI Diaz Hendropriyono (64,36), Wasekjen PKB Lukmanul Hakim (61,11). Selanjutnya, putra Ketum Nasdem Surya Paloh, Prananda Paloh (60,91), politikus Hanura Arwani Syaerozi (58,78), putra politikus senior PAN Amien Rais, Hanafi Rais (56,76), keponakan Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (54,54), dan putri Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Angela Herliani Tanoesoedibjo (52,54).

"Ada sepuluh nama milenial dari partai politik," tutur Ali Rif’an. Lebih jauh, Ali menjelaskan nama tersebut makin potensial apabila figur tersebut memiliki sokongan politik yang kuat. Kata dia, nama yang terjaring dekat dengan partai atau organisasi yang dekat dengan Presiden Jokowi.

Sinyalemen Istana
Sebelumnya, orang-orang yang berada di lingkaran koalisi Jokowi sudah memberikan kisi-kisi soal menteri muda. Wakil presiden terpilih KH Ma’ruf Amin menyebut, ada menteri dari kalangan muda yang tengah disiapkan Jokowi. Ma’ruf menilai generasi muda yang memiliki kemampuan layak diikutsertakan dalam kabinet.

"Ini kan hak prerogatif presiden. Nanti jadi saya kira memang karena potensi milenial cukup besar, maka saya kira sudah wajar untuk direpresentasikan di dalam kabinet," ujar Ma’ruf di Hotel Grand Cempaka, Jalan Letjend Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (3/7) lalu.

Soal sosok calon menteri muda memang sudah pernah disampaikan Jokowi dalam forum terbuka. Ia melirik Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bahlil Lahadalia menjadi menteri. Usianya relatif muda jika benar ditunjuk Jokowi menjadi menteri. Tahun ini, ia akan berusia 43 tahun.

"Tadi saya melihat-lihat adinda Bahlil ini kelihatannya cocok jadi menteri," kata Jokowi di The Ritz Carlton, (26/5). n jk

Berita Populer