Di Kota Probolinggo, 2 Orang Positif Covid-19

SURABAYAPAGI.COM, Probolinggo- Melalui media teleconference Kota Probolinggo, Senin (7/4) rilis data kepada awak media. Dalam rilis tersebut disebutkan sebanyak 173 PDP, 2 ODP dan 2 orang positif Covid-19.

Diketahui riwayat perjalanan 2 Orang positif Covid-19 tersebut, usai melakukan pelatihan petugas haji di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, pada tanggal 09-18 Maret 2020. Kedua pasien positif saat ini tengah dirawat di RSUD dr. Mohamad Shaleh Kota Probolinggo.

Ketua Pelaksana Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Probolinggo Habib Hadi ZA mengatakan, pasien positif saat ini keadaanya berangsur membaik.

"Confirm positif corona untuk saat ini terpantau sehat, himbauan untuk bersama-sama mendukung program PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala Besar), masyarakat kota probolinggo wajib menggunakan masker untuk semua warga yang beraktifitas di luar rumah, cuci tangan dan jaga kebersihan," tegas Walikota

Lebih lanjut Ketua Satgas Covid-19 Habib Hadi ZA menyampaikan, himbauan untuk RT, RW dan masyarakat untuk melaporkan ke dinas kesehatan atau call center 112, kalau ada saudara atau orang luar kota probolinggo yang masuk ke linggkungan warga masing-masing untuk dilakukan penanganan lebih lanjut dari dinas kesehatan (kerahasiaan pelapor terjaga).

Tak hanya itu, pemerintah sudah melakukan tracking orang-orang disekitar 2 orang positif Covid-19 dan sudah dilakukan rapid test dengan hasil negatif.

Masih menurut wali kota, pemkot sudah menyiapkan bantuan sembako berdasarkan data dari kelurahan dan kecamatan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19.  Pemerintah setempat memutuskan akan melakukan pembatasan jam operasional pertokoan, usaha waralaba pada pukul tujuh malam dan dibuka kembali pukul tujuh pagi. Kemudian karantina bagi pemudik pun akan dilakukan.(wan)