•   Kamis, 9 April 2020
TapalKuda

Destinasi Unggulan Diterjang Banjir Bandang

( words)
Alat berat sedang membersihkan endapan lumpur yang menerjang rumah warga di Dusun Garit, Desa Alasmalang, Sabtu (23/6).


Kadisbudpar: Songgon Aman untuk Wisata

SURABAYAPAGI, Banyuwangi- Selain rumah-rumah warga di Dusun Garit, Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, banjir bandang juga menerjang beberapa destinasi wisata yang ada di Kecamatan Songgon. Destinasi yang luluh-lantak diterjang banjir yang mengangkut material lumpur dan kayu-kayu itu adalah Karo Rafting dan X-Badeng, yang keduanya berada persis dijalur Sungai Badeng.
Paska kejadian, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi, MY Bramuda, meninjau langsung lokasi tersebut, Jumat (22/6) sore.
“Kondisinya hancur diterjang banjir. Kami menghimbau semua pelaku pariwisata dan stake holder yang ada saling bahu-membahu membenahi dan menata kembali destinasi ini,” kata Bramuda, saat berada di lokasi.
Namun demikian, lanjutnya, secara umum destinasi-dsetinasi wisata yang berada di wilayah Kecamatan Songgon masih aman untuk tujuan wisata. “Di Wilayah Songgon ini ada 14 destinasi wisata. Secara umum masih aman untuk dikunjungi,” ungkapnya.
Terkait kejadian tersebut, Bupati Abdullah Azwar Anas menyatakan bahwa kejadian banjir bandang bukan semata karena human error. Menurutnya, banjir bandang itu disebabkan karena tumpukan material yang lama mengendap di Gunung Kendil, longsor karena terus-menerus diguyur hujan dalam beberapa hari belakangan.bud

Berita Populer