Desainer Dunhuang Terinspirasi Oleh Muse Kuno

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 28 Agu 2020 10:58 WIB

Desainer Dunhuang Terinspirasi Oleh Muse Kuno

i

Pakaian dan aksesori yang dirancang oleh Xiong Ying menampilkan elemen ikonik dari mural dan patung kuno Dunhuang. SP

SURABAYAPAGI.com, China - Jalur Sutra kuno memberikan inspirasi tanpa akhir bagi desainer Xiong Ying, membantunya membawa rumah mode, Heaven Gaia, ke level baru di panggung internasional.

Elemen-elemen dari mural Dunhuang, termasuk rusa sembilan warna, bidadari terbang (makhluk seperti malaikat yang dikenal sebagai feitian dalam bahasa China) dan musisi kuno yang memainkan pipa, atau kecapi China, semuanya menjadi hidup melalui estetika desain kontemporer Xiong dalam 78 set pakaian dan aksesoris.

Baca Juga: Fashion Show Busana Rancangan Deasy Tantra ''The Echoes of Seasons''

Koleksi Xiong halus, ringan, dan sejuk. Ini menampilkan teknik-teknik seperti pencelupan celup, bordir Suzhou, pekerjaan permadani dan lukisan tangan pada tekstil, seperti sutra dan sifon.

"Ini adalah pendekatan yang berbeda, dan saya mendapatkan inspirasi dari perjalanan saya ke Dunhuang," kata desainer yang berbasis di Beijing.

Baca Juga: Deasy Tantra Hadirkan Runway Show ''The Echoes of Seasons'', Representasikan Siklus Kehidupan Manusia

"Ada keterlibatan dan ingatan pribadi, dan ada semua lapisan lain yang bercampur, yang membuat gagasan tentang kemewahan semakin menarik. Koleksinya bukan hanya tentang bahan yang mahal dan teknik yang rumit, tetapi juga sejarah dan pengalaman pribadi."

Xiong meluncurkan label fashionnya sendiri, Heaven Gaia, pada 2013 untuk menampilkan budaya tradisional Tiongkok kepada dunia melalui desain busana. Bepergian ke Dunhuang telah menjadi impiannya sejak saat itu, kata Xiong.

Baca Juga: Alas Kaki 'MOHER' Kota Mojokerto Gebrak Panggung Catwalk JMFW 2024

"Saya ingin mendapatkan inspirasi dari apa yang terjadi saat ini, jadi saya memutuskan untuk melakukan perjalanan darat untuk mengambil foto-foto indah. Penting bagi saya, sebagai seorang desainer, untuk mendedikasikan waktu untuk kreativitas."

Koleksinya mendapat tanggapan positif di media sosial. Penggemar kagum dengan bakat Xiong dalam menghidupkan mural kuno dan dedikasinya untuk menunjukkan budaya Tiongkok ke dunia. dsy4

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU