Desa di Jombang Salurkan Bansos Covid-19 Tahap III

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 07 Jul 2020 18:15 WIB

Desa di Jombang Salurkan Bansos Covid-19 Tahap III

i

Kades Pulo Lor saat menyerahkan bansos kepada KPM secara simbolis di Balai Desa Pulo Lor, Kecamatan/Kabupaten Jombang.SP/M. Yusuf

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Bantuan sosial (bansos) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) terdampak Covid-19 di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, sudah mulai dibagikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM). Salah satunya di Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang.

Bansos tahap III yang diserahkan yaitu BLT-DD dan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Provinsi. Penyerahan tersebut dilakukan di Balai Desa Pulo Lor dengan dibantu relawan dari desa setempat.

Baca Juga: Pecah Ban, Bus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

Jumlah penerima BLT-DD sebanyak 473 KK dan JPS Provinsi sebanyak 136 KK. Jadwal pencairan dibagi dua, yang pertama dimulai pukul 09.00 WIB sampai selesai, dan yang kedua pukul 10.00 WIB.

Kepala Desa Pulo Lor, Sugeng Budiono mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan penyaluran BLT-DD dan JPS Provinsi kepada KPM Desa Pulo Lor tahap I pada 15 Juni 2020, kedua 8 juni 2020 dan ketiga sekarang, 07 Juli 2020.

"Hari ini yang tahap III. Sedangkan bagi warga yang belum mendapat bantuan, akan kita salurkan nanti pada tahap yang keempat," katanya, kepada jurnalis di kantornya, Selasa, (07/7/2020).

Sugeng berharap, dana bansos yang diterima oleh KPM dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi segala kebutuhan, khususnya untuk kebutuhan sehari-hari.

"Harapan saya kepada warga Desa Pulo Lor, agar bantuan yang sudah diterima tidak dibelikan rokok dan baju. Ya lebih tepatnya dibelikan kebutuhan makan atau sembako," harapnya.

Baca Juga: Satgas Pangan Jombang Cek Kestabilan Pasokan dan Harga Bapok

Sugeng juga menegaskan kepada masyarakat Desa Pulo Lor untuk selalu menjaga diri, guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jombang. Tetap berhati-hati dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Selalu jaga jarak, selalu jaga kebersihan dengan mencuci tangan, memakai masker dan jangan secara bebas bertemu dengan orang yang tidak dikenal atau datang dari luar," tegasnya. 

Sementara itu, untuk total dana BLT-DD 2020 Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang, sebesar Rp 283.800.000, sedangkan total dana bansos JPS Provinsi Rp 244.800.000.

"Total penerima bansos BLT-DD dan JPS Provinsi berjumlah 609 KK. Sedangkan untuk bansos Kemensos kami belum mengetahui secara pasti, karena ada penambahan kuota," tukasnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran Ketupat, Perajin di Jombang Kebanjiran Pesanan

Terpisah, penerima bansos, Martin (49), warga Desa Pulo Lor mengungkapkan, bahwa dirinya merasa senang sekali mendapat bantuan sosial dampak Covid-19 dari pemerintah.

"Alhamdulillah, saya senang. Meskipun hanya dapat Rp 200 ribu, tapi bisa cukup membantu meringankan kebutuhan saya dan keluarga sehari-hari," pungkas ibu paruh baya yang berjualan makanan keliling ini.

Dalam penyaluran bansos terdampak Covid-19 tahap III ini, pihak Pemerintah Desa Pulo Lor tetap melaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Tempat duduk KPM ditata dengan berjarak, dan semua menggunakan masker.suf

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU