•   Rabu, 26 Februari 2020
Peristiwa Nasional

Demokrat Jatim Sambut Baik Soekarwo Wantimpres

( words)
Presiden Jokowi saat melantik Soekarwo sebagai anggota Wantimpres.


SURABAYAPAGI - Presiden Joko Widodo resmi menetapkan mantan Gubernur Jawa Timur dua periode Soekarwo menjadi anggota dewan pertimbangan Presiden (Wantimpres), Jumat (13/12/2019). Keputusan ini disambut positif seluruh warga Jawa Timur termasuk jajaran pengurus DPD Partai Demokrat Jatim.
Ketua Plt DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio mengatakan, bahwa keputusan presiden Jokowi menetapkan mantan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim itu sangat tepat. Pasalnya selama bertugas di JAwa Timur, tokoh yang akrab disapa Pakde Karwo itu Sudah cukup berhasil menjaga suasana pemerintahan dan politik lebih kondusif. Baik itu di bidang ekonomi, Hukum dan pemerintahan. “Kami ucapkan selamat kepada Pakde Karwo atas tugas barunya sebagai Wantimpres, semoga kiprah beliau bersama Presiden Jokowi bisa memberikan kontribusi positif buat bangsa ini,” kata Renville Antonio, Jumat (13/12/2019).
Mantan Sekretaris DPD PD Jatim yang mendampingi Pakde Karwo selama menjadi ketua DPD Demokrat Jatim ini, Renville banyak mengakui kinerja dan pemikiran yang cukup bijaksana. Baik itu ketika menghadapi pilkada maupun Pemilu 2019 lalu. Bahkan beberapa minggu sebelum dilantik sebagai watimpres beliau (Pakde Karwo) telah menyiapkan transisi kepemimpinan di Demokrat Jatim dengan cantik, kondusif tanpa gejolak. “Kontribusi beliau kepada Demokrat Jatim sangat luar biasa, terakhir mempercayakan kepemimpinan Demokrat Jatim pada kader-kader muda terbaik,” terang Renville.
Seperti diketahui, setelah ditinggal Pakde Karwo di jabatan barunya sebagai Komisaris Utama PT Semen Indonesia, terjadi perubahan dalam kepengurusan DPD Partai Demokrat Jatim. DPP menetapkan Renville Antonio sebagai Ketua Plt dan Bayu Airlangga sebagai Sekretaris Plt DPD Demokrat Jatim.
Sementara itu, Lembaga Surabaya Survei Centre (SSC) menilai figur Soekarwo (Pakde Karwo) sebagai figur multitalent (serba bisa) sehingga dinilai layak menduduki jabatan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Berbagai capaian Pakde Karwo selama beberapa tahun terakhir menjadi acuan tak terbantahkan.
"Pakde Karwo sudah diakui kapasitasnya sebagai Gubernur Jawa Timur dua periode bersama dengan segenap prestasi yang dicapai dan terobosan yang dibuat," kata Direktur SSC, Mochtar W Oetomo kepada ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (13/12/2019).
Berbagai terobosan Pakde Karwo di bidang ekonomi, misalnya, sukses menjaga tren pertumbuhan ekonomi di Jatim selalu berada di atas pertumbuhan nasional. Misalnya, melalui program Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat (Jalin Kesra) dan konsep Jatimnomic yang juga digagas pemerintahan Pakde Karwo.
"Jatimnomic, Jalin Kesra, dan berbagai terobosan lainnya sudah diakui. Bukan hanya diakui di level regional, namun juga internasional," tegas Mochtar.
Di bidang politik,Pakde Karwo juga merupakan tokoh politisi piawai. Pakde Karwo yang juga mantan Ketua DPD Demokrat Jatim sukses membawa Demokrat memenangkan Pemilihan Gubernur tiga periode. “Di pilgub 2018 lalu, Pakde Karwo sukses mengantarkan pasangan Gubernur Khofifah dan Wakil Gubernur Emil E Dardak,” pungkasnya. rko

Berita Populer