Demi Selamatkan Balita, Kakek 90 Tahun Nekat Lompat ke Sungai

SURABAYAPAGI.com - Banyak orang di wilayah Santai County, Provinsi Sichuan, China terharu dengan kisah seorang kakek 90 tahun yang melompat ke dalam sungai es dan berlumpur untuk menyelamatkan seorang balita berusia 18 bulan.
Kejadian itu bermula ketika bocah kecil itu bersepeda di desa kelahirannya, Hejiaqiao di kota Le'an sekitar pukul 16.00 pada Rabu lalu, 21 Maret 2018. Saat itu, sepeda yang dinaikinya masuk ke sungai. Nenek balita tersebut ketakutan dan berteriak minta tolong.
Mendengar teriakan tersebut, He Youyi, seorang warga desa berusia 90 tahun yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi kejadian segera menuju ke sungai.
"Dia melompat ke sungai dan menggendong cucuku di pundaknya. Beberapa menit kemudian, seorang warga desa tiba untuk membawa cucuku ke darat," kata Yue, seperti dilansir dari AsiaOne.
Beberapa warga desa yang datang butuh beberapa menit untuk membawanya ke darat dari sungai berlumpur tersebut. Sebagai bentuk terima kasihnya, Yue pun mengundang He Youyi ke rumahnya pada Sabtu, 24 Maret 2018.
"Akan bermanfaat bahkan jika aku mati demi menyelamatkan bocah itu karena dia adalah masa depan kita," kata He.

Pan He, cucu He yang tinggal di Santai County langsung datang ke Hejiaqiao bersama orangtuanya pada Jumat, 23 Maret 2018 setelah mendengar aksi heroik kakeknya. Kondisi pria tua itu pun baik-baik saja.
Sementara itu, He Xiuqiong, putri He mengatakan bahwa keluarganya bangga oleh apa yang telah dilakukan ayahnya. Meskipun kesehatannya baik, dia berjalan sangat lambat karena usianya sudah lanjut.
"Kami mengagumi keberaniannya untuk melompat ke sungai berlumpur untuk menyelamatkan seorang anak lelaki," kata Pan. (viv/01)