Datangi Pasar Ikan di Lamongan, Puti Janji Perkuat Petani Tambak

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Datang ke Lamongan, Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno mengunjungi Pasar Ikan Bandeng. Sebelumnya, kandidat nomor 2 itu juga menjumpai pedagang di Pasar Sidoharjo.

Terik matahari yang menyengat tidak menyurutkan langkah cucu Bung Karno itu untuk turun ke Pasar Ikan. Sontak para pedagang jadi riuh. Mereka telah tahu akan kedatangan pasangan Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) itu. Puti datang didampingi kader dan pengurus PDIP Lamongan, serta para relawan.

"Kami all out memenangkan Gus Ipul-Mbak Puti di Lamongan. Siang ini, kami ajak Mbak Puti silaturahmi dengan warga Lamongan," ujar Soim, Sekretaris DPC PDIP Lamongan kepada wartawan, Selasa (20/3/2018).

Menggunakan caping, seperti para pedagang lain, Puti menyalami warga satu per satu. Tidak sedikit yang mengacungkan 2 jari, simbol nomor pilihan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno.

"Apa kabar, Pak, Bu.. bagaimana hasil hari ini? Semoga semua berkah dan beruntung," kata Puti.
Puti diajak berfoto bersama oleh pedagang pasar ikan di Lamongan.
Pasar Ikan Lamongan begitu ramai pedagang. Pasar itu menjadi pasar ikan air tawar, seperti bandeng, udang, dan hasil tambak lainnya. Pasar itu telah berdiri sejak lama, dan menjadi tempat interaksi masyarakat.

Dari keramaian pedagang dan pengunjung, Puti bisa menyaksikan sendiri besarnya perputaran uang di Pasar Ikan itu. "Saya nanti pilih nomor 2, Mbak. Salam untuk Gus Ipul," kata Siti Maryam, pedagang ikan.

"Terima kasih Bu. Mohon doanya. Nanti saya sampaikan salam Ibu kepada Gus Ipul," kata Puti.

Puti Guntur menyampaikan komitmen pemerintahan dari Gus Ipul dan dirinya yang akan memproteksi dan menguatkan para petani tambak. "Komitmen itu akan kami laksanakan dengan pembenahan infrastruktur agar lokasi pasar ikan menjadi bersih, sehat dan bahkan bisa menjadi pusat wisata kuliner," kata dia.

Sebelumnya, di Pasar Sidoharjo, Puti Guntur bertemu pedagang sayur-mayur, buah-buahan dan pedagang kebutuhan-kebutuhan pokok. Di pasar itu, Puti berbelanja buah dan komoditi lain. Ia mendengar keluhan para pedagang tentang kondisi pasar yang tidak selalu ramai.

"Harga kebutuhan naik. Pembeli juga sering sepi," kata seorang pedagang.

Puti menegaskan, bersama Gus Ipul, dia akan melindungi pasar-pasar tradisional di Jawa Timur. "Karena pasar menjadi pusat ekonomi rakyat," kata Puti. (dtk/02)