•   Rabu, 8 April 2020
Bisnis Makro

Dari Yamaha, Inilah Calon Pesaing PCX Hybrid

( words)
Yamaha Grand Filano Hybrid


SURABAYAPAGI.com - Kendaraan rendah emisi merupakan salah satu fokus pabrikan saat ini. Berbagai teknologi diciptakan untuk menarik minat konsumen secara global, salah satunya hybrid. Meski bukan teknologi baru, karena sudah cukup lama diaplikasikan pada kendaraan roda empat, hybrid baru-baru ini mulai menarik pasar kendaraan roda dua.

Tak cuma Honda melalui PCX hybrid-nya. Yamaha rupanya juga sudah memiliki gacoan model tersebut. Motor itu adalah Grand Filano Hybrid yang belum lama ini dirilis di Thailand.
Seperti dilansir, news.zing, Jumat 7 Desember 2018, Grand Filano Hybrid dibekali mesin generasi kedua Blue Core dengan output 8,2 daya kuda pada 6.500 rpm dan torsi 10,4 Nm pada 5.000 rpm. Motor listrik yang mendukung mesin ini memiliki kapasitas 200W, setara dengan 0,27 daya kuda, dan torsi 0,7 Nm.
Prinsip operasi sistem hybrid Yamaha Grand Filano sangat sederhana. Saat motor beroperasi, motor listrik akan mengisi daya baterai. Ketika berjalan motor listrik akan memberikan traksi dan dukungan untuk mesin bensin.
Menurut perhitungan Yamaha, torsi Grand Filano saat ini meningkat tujuh persen dibandingkan non hybrid. Dorongan traksi mesin hanya berlangsung selama tiga detik ketika motor berjalan, kemudian beralih ke mode pengisian baterai.
Yamaha mengaku peningkatan daya traksi membantu motor berakselerasi lebih cepat. Selain beberapa perubahan desain dengan kluster LED baru, motor hybrid Yamaha ini juga memiliki start-up ‘One-Push Start’, Smart Key, dan rem anti-lock.
Di Vietnam, skutik bergaya retro ini dibanderol dengan harga VND 45,5 juta, atau setara dengan Rp28,4 juta untuk tipe standar dan varian Special Edition VND 49,5 juta, atau setara Rp30 jutaan.
Selain kedua negara tersebut, kabarnya Indonesia juga akan menjadi salah satu yang mendapat kejutan. Meski demikian, belum ada pernyataan resmi kapan Grand Filano Hybrid akan meluncur di Tanah Air.

Berita Populer