Clarice, Gadis Kecil Segudang Bakat

SURABAYAPAGI,Surabaya - Musik merupakan seni suara yang membentuk irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan suara. Musik ialah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

Dunia seni kemudian menarik minat seorang gadis remaja yang bernama Clarice Ong, atau yang biasa disapa Clarice. Ia membuktikan bahwa dirinya mampu menjadi musisi sejak usia 4 tahun. Serta sudah mengikuti lebih dari 100 konser musik.

Gadis remaja yang hobi membaca dan menulis ini mampu menguasai dua jenis alat musik, yaitu piano dan biola. Clarice mengakui bahwa sejak usia 4 tahun ia sudah belajar bermain alat musik. "Usia 4 tahun saya belajar bermain piano terlebih dahulu, dua tahun setelahnya saya belajar biola" ujarnya.

Clarice Ong kini sedang menempuh pendidikan secondary 3 di merlion school. Padatnya jadwal pelajaran untuk menuju ujian nasional tidak membuat Clarice meninggalkan dunia musiknya. Ia juga tetap berlatih dua alat musik yang mengantarkannya menjadi musisi.

Dalam satu hari Clarice bisa berlatih sekitar 2 jam. 1 jam untuk berlatih piano dan 1 jam untuk biola. Bahkan bila mendekati konser musik atau kompetisi ia bahkan bisa menghabiskan beberapa jam untuk berkatih. Clarice juga memberikan tips untuk bermain piano dan biola.

"Ketika bermain piano dan tangan kalian lelah jangan dilanjutkan, berhenti sejenak dulu. Jangan dipaksakan, karena tidak akan memiliki progres yang baik. Kalau biola lebih baik disimpan ditempat yang suhu yang aman dan jangan terlalu panas agar tidak cepat rusak" jelasnya.

Tidak hanya berprestasi dalam dunia musik, tetapi juga menyukai dunia seni rupa, menulis, dan pelajaran sekolah yang lain. Clarice juga tercatat sebagai siswi berprestasi, ia pernah menghantarkan sekolahnya untuk mendapat 5 mendali dalam kompetisi debat.

Bagi Clarice, prestasi yang ia punya sejak kecil merupakan ilmu yang diperkenalkan oleh orang tuanya dengan baik. Mereka selalu mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Clarice. By