China Impor 2 Kali Lipat Kedelai AS

SURABAYAPAGI.com - Perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS) masuk tahap ’gencatan senjata’. China langsung mengimporKedelai AS hampir dua kali lipat setelah gencatan senjata perang dagang, menurut data Bea Cukai China.

China mengimpor 135.814 ton kedelai AS pada Januari 2019, naik 95% dibandingkan Desember 2018 yang sebesar 69.298 ton, namun masih turun 99,7% dari pembelian tahun sebelumnya yang sebesar 5,82 juta ton Ini terjadi karena terhambat tarif impor Beijing yang lumayan besar untuk pembelian dari AS.

China biasanya mengimpor kedelai pada kuartal terakhir atau beberapa bulan pertama di awal tahun, saat hasil panen dari AS mendominasi. Cuma, saat perang dagang terjadi, pembeli China menghindari hasil produksi AS dan mengimpor kedelai Brasil sebagai gantinya.
Presiden AS Donald Trump mengatakan pada Minggu (24/2/2019) akan menunda kenaikan tarif AS untuk barang-barang China yang seharusnya bakal diterapkan akhir pekan ini karena kemajuan dalam pembicaraan perdagangan.
Sebelumnya, para perunding dari AS dan China pekan lalu membahas serangkaian perjanjian yang bertujuan untuk mengakhiri perang dagang, termasuk membahas daftar 10 hal untuk mengurangi ketidakseimbangan perdagangan, dengan tambahan pembelian produk pertanian AS.

Menteri Pertanian AS Sonny Perdue mengatakan di Twitter bahwa China berkomitmen untuk membeli 10 juta ton kedelai AS tambahan.