•   Rabu, 19 Februari 2020
Peristiwa Internasional

Chaos! Hong Kong Rusuh Lagi

( words)
Saat polisi Hong Kong tembak pedemo SP/cn


SURABAYAPAGI.com - Kepolisian Hong Kong menembak demonstran remaja pada aksi unjuk rasa yang berlangsung Selasa (1/10). Ini merupakan korban pertama yang terkena amunisi langsung dalam unjuk rasa yang berlangsung hampir empat bulan lamanya di Hong Kong. Remaja tersebut tertembak di tengah bentrokan keras pada peringatan 70 tahun berdirinya Republik Rakyat China.

Melansir Reuters, aksi kejar-kejaran menyebar dari distrik perbelanjaan Causeway Bay ke area Admiralty yang merupakan pusat kantor pemerintahan Hong Kong, kemudian ke New Territories yang berbatasan dengan daratan China. Dalam kejadian ini, polisi menembakkan gas air mata dan water cannon ke para aktivis yang melempar bom molotov.

Atas hal itu, ribuan demonstran Hong Kong merencanakan aksi protes lebih lanjut pada Rabu (2/10/2019), sehari setelah insiden tertembaknya seorang demonstran dalam suatu bentrokan dengan pihak kepolisian.

Aksi protes besar-besaran untuk melawan cengkeraman Beijing berkobar di seluruh bagian kota pada Selasa (1/10), beberapa jam setelah Presiden China Xi Jinping mengawasi dimulainya perayaan 70 tahun pemerintahan Komunis di Negeri Tirai Bambu.

Chaos yang terjadi pada Selasa kemarin merupakan yang paling luas sejak kerusuhan meletus pada awal Juni. Hal ini menjerumuskan Hong Kong ke dalam krisis politik terbesar dalam beberapa dasawarsa terakhir dan menghadirkan tantangan rakyat paling serius bagi Presiden Xi Jinping sejak ia berkuasa.

Para pengunjuk rasa bersumpah tidak akan berhenti hingga tuntutan mereka untuk mendapatkan demokrasi yang lebih besar di panggung internasional.

Berita Populer